pegimakan.id

Mie Koba Dengan Gurihnya Kuah Ikan Tenggiri Khas Bangka

Mie Koba Khas Bangka

Perasan Jeruk Kunci Membuat Rasa Mie Koba Semakin Bertambah Nikmat

Satu lagi sajian mie yang bisa dicicipi ketika berada di kawasan Bangka, yakni Mie Koba. Jika ingin menyantap Mie Koba, Anda dapat menemuinya di restoran Mie Koba Iskandar, di seputaran Jalan Balai Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Mie yang satu ini sangat nikmat dan khas karena kuah mie berasal dari daging ikan tenggiri dengan bumbu khusus resep sang pembuatnya.

Mie Koba adalah mie kuah yang disiram kaldu daging tenggiri dipadu tauge, daun seledri dan bawang goreng. Mie Koba dibuat dari bahan alami oleh Iskandar, orang pertama yang menciptakan racikan kuliner berbahan mie ini. Mie Koba dibuat secara manual dari tepung terigu pilihan. Sedangkan kuah dari Mie Koba dibuat dari ikan tenggiri yang direbus kemudian digiling, lalu ditumis dan direbus lagi bersama bumbu rempah rempah, seperti pala, cengkeh, ketumbar dan gula aren serta kayu manis.

Tambahan lain yang membuat rasa Mie Koba semakin bertambah nikmat adalah perasan jeruk kunci. Air perasan jeruk yang bentuknya mirip dengan jeruk nipis ini memberikan kekhasan rasa dan aroma pada Mie Koba dan lengkapi sensasi kenyang dengan tambahan telur ayam rebus. Iskandar, pemiilik restoran Mie Koba sekaligus penerus ke-tiga pengelola usaha itu, mengatakan Mie Koba ini merupakan kuliner warisan turun temurun dari kakeknya sejak sekitar 50 tahun yang lalu. Namun, dulu kuliner ini belum diberi nama menjadi Mie Koba, melainkan mi biasa.

Menurutnya, pemberian nama Mie Koba tersebut berdasarkan nama satu daerah bernama kecamatan Koba, yang berada di wilayah kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Harga seporsi Mie Koba sangat terjangkau, cuma Rp 12.000, tambah satu butir telur rebus jadi Rp 14.000. Pecinta Mie Koba ini tidak hanya warga Bangka Belitung saja.

Pengunjung dari luar kota yang datang ke Bangka Belitung biasanya menyempatkan diri ke warung mie koba iskandar.

Alamat : Gedung Nasional, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684

Buka : 08.00-22.00

Sumber info www.ksmtour.com

Source pegi Makan ksmtour
Comments
Loading...