pegimakan.id

Nasi Pecel Ngawi, Bumbu pecel Enak Khas Ngawi Jawa Timur

Selain tempat wisatanya yang indah dan menarik untuk dikunjungi, Ngawi juga memiliki makanan khas yang rasanya tidak ada duanya.

Kenikmatan racikan bumbu-bumbu yang ditemukan nenek moyang masyarakat Ngawi bisa dirasakan saat kamu mengunjungi kota ini.

Nasi Pecel Khas Ngawi

Selama ini yang sering kita dengar nasi pecel adalah kebanyakan dari Madiun dan Kediri. Ternyata Ngawi juga memiliki makanan khas nasi pecel sendiri. Nasi pecel Ngawi biasanya disajikan dengan cara dipincuk, yaitu menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga.

Sehingga saat makanan mau habis, ada sisa-sisa bumbu pecel diujungnya. Selain itu, ada hal yang berbeda juga antara pecel Madiun dengan pecel Ngawi, yaitu tingkat kehalusannya. Pecel Madiun dikenal dengan kacangnya yang halus.

Sehingga butiran-butiran kacang tidak terasa. Sedangkan pecel Ngawi dikenal dengan kacangnya yang kasar. Karena memang kacang yang digunakan untuk bahan baku utama pecel khas Ngawi ini ditumbuk.

Sehingga butiran-butiran kacang masih bisa dirasakan dan sebagian tidak tercampur dengan bumbu lainnya. Untuk pelengkap nasi pecel Ngawi tidak ada bedanya dengan nasi pecel Madiun dan Kediri.

Nasi pecel Ngawi juga dilengkapi dengan rempeyek dan tumpang, yaitu sambal yang terbuat dari tempe busuk yang dicampur dengan santan, daun jeruk, dan kencur.

Source Pegimakan.id https://azzamaviero.com/makanan-khas-ngawi/
Comments
Loading...