pegimakan.id

Nasi Pincuk Garahan Rasa Khasnya Bikin Kangen,Kuliner Jember

Kota Jember memiliki banyak makanan khas, dan salah satunya Pecel Pincuk Garahan. Berawal dari tahun 1980-an Pecel Garahan pertama kali dijajakan di Stasiun Garahan. Pecel Garahan mulai dikenalkan pada pengguna jasa kereta api.

Pada awal kemunculan Pecel Pincuk Garahan, pecel ini hanya dijual di Stasiun Garahan saja dengan bungkus daun jati yang dipincuk. Seiring waktu daun jati mulai diganti dengan daun pisang hingga sekarang.

Pada tahun 1990 an Pecel Garahan mulai terkenal, semenjak itu Pecel Garahan mulai dijual lewat warung-warung yang bermunculan seperti jamur di ruas jalan perbatasan kota Jember dan Banyuwangi.

Bila Anda berada di Jember dan hendak melakukan perjalanan ke Kota Banyuwangi, Anda akan melintasi Kecamatan Silo yang berada dikaki Gunung Gumitir. Di sini Anda akan menjumpai warung-warung yang berjejer menawarkan menu utama yang sama, yakni Pecel Pincuk Garahan.

Pecel Pincuk Garahan juga bisa dinikmati jika Anda melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api Jember tujuan Banyuwangi. Ketika kereta berjalan dari arah Jember mendekati terowongan Gunung Gumitir, kereta ekonomi akan berhenti di Stasiun Garahan. Di sini Anda akan menjumpai penjual pecel dengan menggunakan tempeh atau talang yang digotong di atas kepala. Pembeli bisa menikmati Pecel Garahan dengan sensasi yang berbeda dibanding berada di warung.

Keistimewaan Pecel Pincuk Garahan bisa dilihat dari penyajiannya yang menggunakan daun pisang yang di pincuk sebagai wadah. Selain itu pecel yang disajikan memiliki cita rasa pedas, namun kacang dalam sambalnya masih terasa. Ini menjadi ciri khas Pecel Garahan, sebab bumbu pecel digerus menggunakan cobek batu atau tanah liat yang hasil gerusannya tidak sehalus menggunakan mesin. Rasa asam pedas manis begitu terasa pas di lidah karena kacang sambalnya kasar.

Pecel Garahan biasanya disajikan dengan rebusan sayur gundo, tauge, dan kacang panjang yang direbus tidak terlalu lembek. Harga Pecel Pincuk Garahan dengan menu sederhana, yakni nasi pecel, tahu, tempe dan kerupuk dihargai Rp.6000, harga akan berubah jika Anda menambahkan lauk tambahan seperti telur ceplok, dendeng dan lauk yang lain.

Makan langsung di warung-warung pecel sepanjang Garahan bisa duduk dengan lesehan sambil beristirahat. Rata-rata warung yang berwarna orange ini mempunyai menu yang sama pecel meskipun lokasinya berderet seperti kereta api.

Berada di kaki Gunung Gumitir membuat warung ini memiliki udara yang sejuk dan begitu nyaman untuk dinikmati. Ketika Anda dalam perjalanan darat dari Jember ke arah Banyuwangi dengan mobil , sayang, jika Anda melewatkan kuliner Pecel Garahan ini.

Source Pegimakan.id cintajember.com
Comments
Loading...