pegimakan.id

Nikmatnya Kuliner Nasi Sumsum Mang Puri Banten

0 19

Nasi Sumsum

Nasi yang merupakan makanan pokok khas indonesia  ini memiliki berbagai macam olahan, salah satunya ada di Kota Tanggerang. Di Serang, terdapat makanan yang berbahan utama nasi yang terkenal nikmat dan enak yaitu Nasi bakar Sumsum.

Awal mula nasi bakar sumsum menjadi makanan khas di Serang terjadi pada tahun 1941,Saat itu Mang Puri merupakan tukang potong hewan yang bekerja di daerah Serang, melihat sisa-sisa tulang yang mubazir untuk dibiarkan. Tulang itu pun dibawa pulang. Ternyata tulang yang dibawanya menarik seorang pembeli untuk menggunakan tulang tersebut. Tulang itu pun dipecah-pecah untuk memudahkan penjualan.

Pada bagian dalam tulang terdapat sumsum yang tidak terpakai sehingga dibuang oleh si tukang potong. hal ini kemudian dimanfaatkan sang istri. Ia mempunyai ide untuk menggunakan sumsum tersebut untuk dicampur ke dalam nasi lalu dibakar. Seperti namanya, Nasi Bakar Sumsum adalah kuliner dengan nasi sebagai bahan utamanya, ditumis dengan bumbu-bumbu dan ditambahkan sumsum sapi/kerbau.

Dalam proses pengolahannya tergolong unik, nasi sumsum dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang terlihat seperti lontong atau lemper yang berukuran panjang. Bahkan saat disajikan warna nasinya nampak berbentuk kemerah-kemerahan seperti halnya nasi goreng. Lalu nasi yang telah matang kemudian dicampur dengan berbagai macam rempah dengan cara diaduk, kemudian setelah diaduk barulah sumsum ditambahkan, dan setelah itu dilakukan proses pembakaran sampai matang hingga merata, proses pembakaran nasi sendiri bertujuan untuk menghaslikan aroma serta cita rasa khas yang dipercaya dapat membangkitkan vitalitas.

Selain rasanya orisinal, dalam menyantapnya bisa pula dengan ditambah lauk pelengkap, seperti otak-otak ikan, sate kerbau, dan sate sapi. Dijamin makanan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan lezat.

Fasilitas yang disediakan pun bisa dibilang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya Area Parkir kendaraan yang cukup luas,Mushola,Kamar mandi dll.

Bicara tentang harga Nasi Sumsum tak perlu takut untuk merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya hanya dengan Rp10.000-Rp15.000 sudah dapat menikmati 1 porsi Nasi Sumsum.

Buka dari jam 04.30 sampai jam 22.00 Nasi Bakar Sumsum Mang Puri ini terletak di Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten.

pegimakan.id
Comments
Loading...