pegimakan.id

Nikmatnya Mujair Menyatnyat Khas Kintamani Bali

Ikan Mujair atau Be Jair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi layaknya Gurami dan Nila. Ikan yang memiliki bahasa ilmiah Oreochromis mossambicus ini pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair sehingga jenis ikan ini diberi nama sesuai dengan nama sang penemu untuk mengenang namanya. seperti ikan air tawar lainnya. ikan mujair bisa diolah menjadi beraneka jenis masakan yang nikmat dan menggugah selera seperti mujair goreng, mujair bakar, soup mujair maupun di jadikan pepes.

Berbicara tentang mujair, ada menu dari ikan mujair khas bali yaitu Mujair Menyatnyat. Istilah nyat-nyat berasal dari kata nyat yang dalam bahasa Bali memiliki arti surut. Istimewa dari olahan Mujair Menyatnyat ini adalah dominasi aroma dari base genep yang mampu menghilangkan bau lumpur yang biasanya melekat pada Mujair. hidangan ini merupakan salah satu hidangan khas daerah Kintamani – Bangli. Mujair Menyatnyat belakangan ini muncul sebagai salah satu primadona kuliner di Bali yang berhasil menarik perhatian wisatan asing maupun domestik.  Diolah dengan cara di nyat-nyat bersama racikan bumbu khas Bali (base genep), menjadikan hidangan ini kaya akan cita rasa. Perpaduan rasa pedas, sedikit asam dan gurihnya ikan serta wangi bumbu Bali yang unik benar-benar menciptakan olahan yang sempurna. biasanya mujair menyatnyat dihidangkan bersama nasi , plecing kangkung, sambal matah dan kacang goreng, sajian ini  pastinya bisa membuat kita ketagihan.

Untuk membuat masakan mujair nyatnyat ini diperlukan beberapa macam bumbu seperti bawang merang, bawang putih, cabe merah, kemiri, dan gabungan beberapa jenis bumbu rempah yang disebut ‘base genep’ (bumbu lengkap). Semua jenis bumbu ini kemudian diulek dengan ditambahkan penyedap seperti garam dan jeruk nipis lalu dimasak dengan cara di nyat nyat dengan Ikan Mujair yang sudah digoreng terlebih dahulu. untuk bisa menikmati mujair nyatnyat ini bisa datang langsung tepatnya terletak di areal parkiran Pura Dalem Pingit, wilayah Banjar Kawan, Desa Kawan, Kabupaten Bangli. Untuk menikmati kuliner khas Kintamani ini harus membayar Rp 20.000 per porsinya.

Tertarik mencoba.?

Source Pegi Makan Mujair Menyatnyat
Comments
Loading...