pegimakan.id

Nikmatnya Rujak Soto Mbok Bret, Tempat Kuliner Banyuwangi

Kalau Anda ingin mencicip sajian unik dari kombinasi antara dua jenis makanan, ada di Banyuwangi. Selain pecel rawon, Anda juga bisa mencoba rujak soto yang tak kalah enak.

Rujak yang satu ini bukan terbuat dari potongan buah yang disiram dengan saus bumbu kacang. Ini adalah rujak soto yang menjadi salah satu kuliner unik yang wajib dicoba para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Bagi masyarakat Jawa Timur, rujak merupakan makanan yang menggunakan bumbu kacang yang biasa dipadukan dengan sayur dan bumbu petis. Sedangkan di Jawa Barat, rujak identik disajikan dengan siraman bumbu gula merah dan buah.

Rujak soto adalah campuran dari dua masakan yaitu rujak sayur yang disiram dengan kuah soto kuning yang hangat berempah.

Dalam proses penyajiannya, lontong dipotong-potong dalam mangkuk kemudian ditambahkan dengan irisan timun, potongan tempe goreng dan pecel sayur yang terdiri dari kacang panjang, tauge, kangkung hingga daun turi. Kemudian disiram dengan bumbu kacang plus petis yang bertekstur kental.

Lalu kuah soto kuning berisi potongan usus, kikil dan babat disiram diatas rujak. Semakin enak disantap dengan taburan bawang goreng, seledri, ditambah dengan kecap manis, emping, telur puyuh, sambal dan juga kerupuk udang.

Konon, rujak soto ini sudah muncul di Banyuwangi sekitar tahun 1970-an. Hingga kini, sajian rujak soto banyak dijual di warung, restoran ataupun gerobak kaki lima di Banyuwangi.

Jika Anda sedang berada di Banyuwangi atau berencana untuk liburan kesana, bisa langung mampir ke warung makan seperti Kedai Losari, Rujak Soto Mbok Mbret hingga Pondok Rujak Soto.

Rujak Soto Mbok Mbret
Jl. Raya Jember No. 72
Benculuk, Cluring
Telp: 0812 5268 1278

Source Pegimakan.id Detik
Comments
Loading...