pegimakan.id

Onyop Kuliner Khas Sulawesi Tengah

Indonesia merupakan negara dengan 34 provinsi yang setiap provinsi tersebut memiliki budaya, seni dan wisata kulinernya yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu kuliner Onyop khas Sulawesi Tengah.

Onyop ini adalah nama suatu makanan yang menjadi ciri khas Sulawesi Tengah. Makanan khas Sulawesi Tengah ini (onyop) hampir sama dengan jenangan (makanan yang popular di Jawa, khususnya Jawa Timur) atau sekilas seperti Papeda dari Papua dan Sinonggi dari Sulawesi Tenggara. Onyop seringkali diidentikan sebagai makanan dari Suku Saluan (salah satu suku di Luwu).

Onyop berbahan dasar sagu, dengan bentuk yang tidak beraturan dan memiliki tekstur kenyal, penyajian untuk kuliner khas Sulawesi Selatan ini dengan cara di campur menggunakan kuah ikan yang terdapat rasa asam. Onyop sendiri popular di daerah Luwuk yang teradapat di Sulawesi Tengah, sebenarnya onyop dan kuah asem adalah dua kuliner yang berbeda, namun dalam penyajian agar rasa yang dihasilkan juga lebih bervariasi. Kuah asam merupakan salah satu masakan khas dan andalan di Kabupaten ini. Dinamakan Kuah Asam, karena rasanya yang segar dengan perasan air jeruk lemon yang pas, dan irisan belimbing serta bermacam-macam rempah daun, menciptakan citarasa yang gurih.
Untuk bisa menikmati Onyop, bisa datang langsung rumah makan lalampa taboli yang terletak di Jl. Parigi – Palu No.16, Toboli, Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Rumah makan ini buka 24jam.
Source Pegi Makan
Comments
Loading...