pegimakan.id

Pecel Khas Solo Yang Gak Kalah Nikmat

Pecel Ndeso

Solo merupakan salah satu kota yang diberkati dengan aneka kuliner enaknya. Tidak salah memang karena Solo sangat kaya dengan berbagai jenis makanan yang mampu menggoyang lidah para penikmat kuliner. Salah satu jenis kuliner yang enak ini adalah pecel ndeso.

Seperti layaknya pecel, pecel ndeso ini terdiri dari sayuran rebus dan diguyur dengan sambal. Yang membedakan adalah jenis sayuran rebus sebagai pelengkapnya jauh lebih beragam daripada pecel biasa. Dalam sepincuk pecel ndeso dapat ditemui aneka rebusan sayuran yang terdiri dari bayam, daun singkong, daun pepaya, daun kenikir, jantung pisang, dan tauge. Selain sayuran rebus, pecel ndeso juga berisi daun kemangi dan tauge mentah.

Bila nasi pecel biasa menggunakan nasi putih sebagai sumber karbohidrat, pecel ndeso memakai nasi merah. Bagi orang yang sedang berdiet mengurangi asupan nasi putih, nasi merah yang kaya gizi tentunya menjadi alternatif sumber tenaga yang menyehatkan karena kaya dengan vitamin B yang konon mampu mencegah penyakit beri-beri. Sambal wijen hitam menjadi sisi unik dari pecel ndeso ini. Bila pecel biasa menggunakan sambal kacang sebagai sausnya, maka pecel ndeso mensyaratkan sambal wijen hitam kental sebagai saus pelengkapnya. Tak lupa beberapa potong karak alias kerupuk nasi ala Solo menjadikan pecel ndeso makin enak disantap. Jika menginginkan kuliner pelengkap, maka pembeli dapat menambahkan bongo atau gembrot sebagai lauk.

Dengan berbagai keunikan sajiannya, harga pecel ndeso ini nyatanya sangat ramah dengan kantong. Dengan merogoh kocek antara Rp 4000,00 – 8.000,00, sepincuk pecel ndeso yang lezat dapat dinikmati.  Di Solo dan sekitarnya pun, pedagang pecel ndeso cukup mudah ditemui, baik pedagang yang memiliki tempat berdagang tetap atau yang menjajakannya secara berkeliling. Sebut saja di dekat halte bus Nonongan, daerah Pasar legi, daerah Manahan, dan depan GBI Widuran, maka akan kita dapati penjual pecel ndeso.

pegimakan.id By Della
Comments
Loading...