pegimakan.id

Pecel Rawon Ayu, Kuliner Unik Khas Banyuwangi Jawa Timur

Pecel memang populer sekali di kawasan Jawa Timur. Tak terkecuali di Banyuwangi. Kalau biasanya pecel disajikan hanya dengan saus kacang, di Banyuwangi beca lagi. Pecel justru disajikan dengan rawon.

Ini menang dua masakan yarg berbeda Namun di banyuwangi justru banyak sekali penggemar menu campuran ini. Cukup banyak kedai yang menyaikan rawon pecel. Salah satunya kedai Pecel Ayu, Kedai milik Ny Sulistiowati (53) ini mulai beroperasi sejak 1982 “Awal­nya saya berjualan di kawasan Singomatan. Baru tahun 1997 menetap di kedai yarg sekarang,” cetusnya.

Seporsi menu ini isinya cukup ramai. Penyajiannya dmulai dengan nasi, lalu diberi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, kacang panjang, dan kangkung. Setelah itu barulah diguyur dengan saus kacang layaknya pecel pada urunnya Yang membedakan adalah kuah rawon berwarna hitam yang diatambahkan sebagai pamungkasnya. Paduannya unk. dan ternyata enak di lidah, legitnya saos kacang dan aroma khas keluar dari rawon jadi paduan yang bikin ketagitan .

Sebagai lauk tambahan, Sulistiawati menyediakan tempe goreng, paru gorerg kering. rempeyek udang, dan rempeyek kacangSelain pecel rawon, menu soto ayam juga kerap dipesan. Gayanya sudah pasti ala jawa timuran yang mengadalkan gurihnya ayam kampung yang beraroma bawang putih. Kedai pecel Ayu buka mulai pukul 07.00-21.00. Di kedai ini tersedia 50 kursi yarg bisa Anda tempati.Wisata Kuliner Banyuwangi yang patut anda coba.

Alamat : Jalan Adi Sucipto no 60 Banyuwangi

Source Pegimakan.id wisataindonesia.co.id
Comments
Loading...