pegimakan.id

Pedasnya Rumbah Darinih Makanan Khas Indramayu

Rumbah adalah makanan yang terbuat dari macam-macam sayuran yang di rebus ataupun di kukus, umumnya terdiri dari daun kangkung, kacang panjang, dan tauge yang di siram dengan sambal kacang atau sambal terasi cair yang rasanya segar dan pedas karena menggunakan air rebusan asam jawa untuk membuat sambal menjadi cair. Namun ada juga rumbah yang bahan dasarnya menggunakan daun eceng gondok, dan daun singkong dengan resep sambal kacang yang sama. Dan ada satu lagi yang khas, godong semanggen (daun semanggi) juga sering di buat sebagai bahan dasar rumbah tetapi agak berbeda pada sambalnya yaitu sambal kacang cair yang di dalamnya terdapat parutan kelapa yang membuat semakin gurih rasanya ketika menikmati rumbah yang satu ini. Selain itu bumbunya dicampur dengan air petis (cairan hasil dari masak ikan pindang). Makanan ini tersebar mulai dari Indramayu hingga Cirebon.

Rumbah mirip dengan gado-gado kalau di Jakarta atau pecel kalau di Jawa. Meskipun terlihat sederhana, tapi rumbah bisa di katakan sebagai salah satu makanan yang sehat. Mulai dari kangkung yang tinggi Vitamin A, yang di kenal bermanfaat untuk kesehatan mata dan juga tinggi antioksidan yang dapat mencegah kanker. Kacang panjang juga mengandung Vitamin B kompleks yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Serta tak ketinggalan Tauge yang mengandung protein lebih tinggi di banding biji kacang hijau aslinya. Sambal kacangnya yang terbuat dari kacang tanah juga tak kalah hebat dari Tauge, karena bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Jika sedang melintas di jalan raya pantai utara atau Pantura Indramayu. Coba menyempatkan diri untuk singgah ke Warung Rumbah Darinih. Warung Darinih merupakan salah satu warung yang menjual aneka makanan khas Indramayu, seperti dodol lolos, krupuk yeye, sagon, gorengan dan rumbah. Di Indramayu sendiri, rumbah masih cukup banyak di minati dan sering di jajakan oleh para ibu-ibu yang menjualnya door to door. Makanan pendamping rumbah biasanya adalah gorengan atau bisa juga kerupuk. Tapi menikmati rumbah tanpa makanan pendamping pun tetap akan terasa nikmat karena rasa rumbah itu sendiri yang membuatnya nikmat dan membuat ketagihan.

Warung Rumah Darinih Lokasinya berada di belakang Balai Desa Eretan Kulon atau samping SDN Eretan Kulon II, kecamatan kandanghaur, Indramayu. Harga yang di banderol pun sangat murah mulai dari Rp. 3.000 sampai Rp. 5.000 tergantung banyaknya sayuran per porsi rumbah. Sementara untuk gorengan bakwan atau istilah orang Indramayu piya-piya hanya Rp.2.000,- perbiji. Warung Rumbah Darinih buka dari jam 08.00 sampai jam 22.00.

Selamat Mencoba Pegimakan lovers.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...