pegimakan.id

Pedesan Entog Kuliner Lezat dan Pedas Khas Indramayu

Indonesia adalah Negara yang sangat kaya dengan kulinernya, setiap daerah punya kuliner andalan masing-masing bahkan dikota-kota kecil pun selalu ada sajian khasnya. Salah satunya Pedesan Entog khas Indramayu ini. Kuliner khas Indramayu yang awalnya hanya disajikan pada acara hajatan di desa-desa kini mulai populer bahkan tak hanya di daerah asalnya, karena di daerah sekitarnya seperti Kota Cirebon juga mulai banyak yang menjual pedesan entog.

Entog sendiri merupakan unggas yang masih bersaudara dengan bebek akan tetapi memiliki bentuk bulu yang berbeda dari bebek dan di sejumlah daerah diberi nama lain yakni entok dan sebagainya. Hewan jenis ini masih banyak dipelihara warga di Indramayu.

Pedesan Entog begitu menggugah selera karena diramu dengan berbagai rempah-rempah seperti kemiri, lengkuas, dan lainnya yang terlebih dulu digoreng dengan minyak sehingga aroma dan rasa bumbumnya begitu terasa dan rasa yang nikmat. Jika dilihat sekilas, Pedesan Entog ini tak jauh berbeda dari gulai. Hanya, makanan ini tidak menggunakan santan. Rasa pedasnya, berasal dari cabai segar dan merica, Kedua bahan ini memang cukup banyak digunakan sehingga menciptakan sensasi pedas ketika dikonsumsi. Uniknya, rasa pedas bukan hanya dirasakan di lidah, tapi juga bisa menghangatkan tubuh. Pedesan Entog sangat nikmat dan tepat untuk menjadi lauk makan siangatau pun makan malam.

Pedesan dimasak di atas tungku kayu bakar sehingga rasanya tentu saja lebih nikmat karena matangnya merata. Cara memasak seperti ini juga sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau amis daging entog. Harganya pun relatif ringan di kantong. Untuk satu porsi makanan ini, hanya perlu merogoh kocek Rp.15.000 sampai Rp. 30.000 cukup untuk 2 orang karena 1 porsi pedesan entog isi dagingnya banyak. Pedesan Entog ini dijamin bakal membuat para pencinta makanan pedas ketagihan dan membuat lidah serta mulut bergoyang.

Salah satu penjual pedesan entog yaitu Warung Pedesan Entog Bang Combat atau Combet yang berada di JL. Olahraga, Karang Anyar, Karanganyar, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu. Warung ini menyediakan makanan yang terbuat dari daging entog/menthok dengan kuah ekstra pedas. Warung Pedesan Entog Bang Combet buka dari jam 10.00 pagi hingga pukul 23.00.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...