pegimakan.id

Pelecing Makanan Tradisional Khas Lombok Yang Banyak Diminati

Pelecing adalah salah satu makanan tradisional khas Lombok yang banyak di minati, dan hotel-hotel besar menyediakan makanan ini sebagai memperkenalkan makanan khas Lombok tersebut. Pelecing terbuat dari sayur yang orang sasak menyebutnya “Kangkong (kangkung)”.

Pelecing mempunyai kisahnya tersendiri dan asal muasal terciptanya makanan tersebut. Pada jaman dahulu, hiduplah seorang putri yang sangat cantik, tapi tak ada satupun yang pernah melihat kecantikan sang putri tersebut, karena setiap harinya sang putri tersebut selalu menutup wajahnya dengan penutup.

Dalam kerajaan tersebut, ada seorang juru masak yang sangat terkenal dengan masakannya yang sangat enak dan lezat. Pada suatu ketika, juru masak tersebut sangat penasaran untuk melihat kecantikan wajah Sang Putri tersebut. Berpikirlah juru masak tersebut untuk menciptakan sebuah makanan yang sangat aneh caranya untuk di hidangkan.

Setelah lama mengolah makanan tersebut, sekarang adalah waktunya untuk memperkenalkan makanan temuannya kepada semua penghuni Istana. Juru masak tersebut di persilahkan untuk mencontohkan cara menghidangkan sayuran yang panjang tersebut tanpa haus di potong-potong.

Juru masak tersebut memperagakan cara menghidangkan makanan tersebut dengan menengadahkan kepalanya ke atas, dan menjulangkan makanan tersebut ke mulutnya. Setelah itu para pengabdi istana penasaran dan ingin mencoba masakan temuan juru masak tersebut.

Namun, sebelumnya juru masak tersebut mempersilahkan sang putri untuk mencobanya terlebih dahulu. Putri istana pun lalu mencobanya dan juru masak tersebut berhasil melihat wajah sang putri yang begitu cantik dan menawan setiap hati yang melihatnya.

Bagi yang penasaran pelecing bisa anda nikmati di sebagian besar rumah makan di Pulau Lombok tapi untuk wilayah kota Mataram anda bisa mencoba pelecing di Jalan Majapahit. Menurut saya, rasa pelecing di sana sangat nikmat dengan sensasi pedas yang sulit anda lupakan.

Source Pegimakan.id Pelecing
Comments
Loading...