pegimakan.id

Pempek 10 Ulu, Kuliner Bangka Belitung Dan Sejarahnya

Pempek memang terkenal berasal dari Palembang. Sebenarnya, berasal dari Bangka. Sebelumnya, Propinsi Bangka –  Belitung menjadi bagian dari Propinsi Sumatera Selatan. Sejak tahun 2000, Bangka-Belitung memisahkan diri menjadi proponsi dengan Ibukota Pangkalpinang. Terus terang saya baru tahu soal ini. Bila tidak dijelaskan oleh Bapak Akhmad Elvian, Kadin Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang, barangkali saya masih berpegang kuat bahwa pempek berasal dari Palembang.

Menurut Bapak Elvian, pempek yang berada di Kota Palembang berasal dari ikan yang hidup di sungai. Berbeda dengan pempek yang ada di Pangkalpinang maupun Bangka yang berasal dari ikan laut, Ikan Tenggiri.

Pempek 10 Ulu Palembang yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kota Pangkal pinang adalah pempek terenak dan terbaik di kota ini. Rasanya lebih enak dari pempek Palembang yang biasa dibawa dari Palembang oleh relasi maupun keluarga. Padahal mereka membeli pempek tersebut dari rumah makan terkenal dan terenak di Palembang. Jadi jangan heran bila saya menyetujui ucapan Bapak Elvian.

Pempeknya masih terasa segar, gurih, dan rasa ikannya begitu pekat di lidah tapi tidak membuat enek. Pempek 10 Ulu Palembang, Jalan Jenderal Sudirman, saya rekomendasikan bila mengunjungi Kota Pangkalpinang. Sama halnya saya rekomendasikan Rumah Makan Mr. Asui bila ingin menikmati hidangan laut yang lezat dan alami.

Alamat : Jl. Jendral Sudirman No.45, Air Salemba, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684

Sumber info www.saronovita.com

Source pegi Makan Pempek 10 Ulu
Comments
Loading...