pegimakan.id

Peuyeum Curuluk Kuliner Unik Khas Kota Subang

Jika berkunjung ke Subang sudah menjadi kebiasaan buah nanas atau produk olahan nanas menjadi oleh-olehnya. Padahal selain nanas masih banyak produk Subang lainnya yang bisa dijadikan buah tangan. Di pantai utara (pantura) Subang misalnya, selain ikan segar, para wisatawan yang berkunjung ke sana kini juga bisa membawa produk olahan ikan sebagai oleh-olehnya. Salah satunya yaitu Peuyeum Curuluk khas Subang.

Peuyeum Curuluk adalah sebutannya, peuyeum berarti tape, terbuat dari ketan ini merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Subang, dinamai peuyeum curuluk ( tape curuluk) karena tape ini berasal dari kampong curuluk, sebuah desa yang berada di Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten subang. Tape curuluk ini seperti tape pada umumnya, terbuat dari beras ketan, bisa ketan putih atau ketan hitam yang dimasak seperti nasi, kemudian dikukus kemudian diberi ragi. Penggunaan beras ketan dan raginya pun harus berkualiatas sehingga mendapatkan hasilnya sempurna.

Inilah yang membedakan tape curuluk dengan tape-tape lainnya, kalau tape lain dibungkus dengan daun pisang, atau hanya disimpan didalam toples saja. Sedangkan tape curuluk ini dibungkus daun kemiri yang di semat dengan lidi, kemudian pelepahnya disatukan sebanyak sepuluh biji dan diikat. Penduduk desa curuluk kebanyakan memproduksi tape di rumahnya kemudian dijajakan serta dagangan lainnya, berupa makanan khas seperti dodol, opak, dan ranginan. Harganya pun cukup bersahabat yaitu mulai dari Rp.2.000 perbiji sampai dengan Rp. 30.000 perkemasan.

Untuk bisa menikmati Peuyeum Curuluk ini terdapat di toko oleh – oleh khas subang yang trerletak di Jl. Raya Kalijati Timur, Kalijati Tim., Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat .

Selamat Berkuliner.

Source Pegimakan Peuyeum Ketan
Comments
Loading...