pegimakan.id

Rawon Empal Bik Atik, Kuliner Enak & Lezat di Banyuwangi

Rawon identik dengan Jawa Timur. Namun, sajian berbumbu keluak ini bukan hanya ada di Surabaya. Di Banyuwangi rawon disajikan dalam beragam pilihan. Mau rawon biasa, rawon empal dan rawon buntut goreng? Semuanya disajkan panas mengepul.

Kalau singgah ke Banyuwangi dan ingin mencicipi rawon khas Banyuwangi, mampirlah ke rumah makan Bik Atik yang ada di kawasan jalan Ahmad Yani. Rumah makan dengan tampilan sederhana ini tak pernah sepi pengunjung.

Rawon menjadi andalan rumah makan ini. Pilihan menu rawonnya beragam. Rawon biasa. rawon paru, rawon empal, atau rawon buntut goreng. Semuanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.
Rawon empal (Rp. 22.000) tidak disjaikan dalam mangkuk tetapi dalam piring cekung. Nasi putih disiram kuah rawon berikut 2 potong empal dengan taburan tauge dan sambal rawit merah.

Aroma gurih daging dan keluak tercium kuat. Meskipun tanpa tabuan bawang merah goreng. Rasa gurih sedikit asam khas keluak terlacak sangat kuat. Empalnya terbuat dari daging paha yang berserat kuat. Hitam kecokeltan meresap bumbu keluwak dengan kuat.

Saat digigit terasa gurih sedikit keras serat dagingnya.Namun, gurih sedap bumbu rawon meresap hingga ke serat daging. Porsi satu piring nasi ternyata lumayan besar. Yang berbeda justru rasa gurih lemak daging tak terlalu kuat.

Ini karena yang dipakai daging bagian paha atas sapi yang kurang berlemak. Bukan daging sandung lamur seperti umumnya rawon Surabaya. Tauge pendek yang renyah dan sambal rawit yang pedas menggigit membuat suapan nasi rawon terasa sedap di lidah.

Ada sedikit potongan daun bawang yang terselip di antara kuahnya. Ini bukan daun bawang, menurut pelayan, yang dipakai daun bawang muda dan bawang muda dimasak bersama bumbunya. Pantas saja aroma wangi bawangnya sangat kuat.

Rawon buntut goreng disajikan dalam wadah-wadh terpisah. Nasi putih di piring cekung, kuah rawon di mangkuk dan buntut goreng dala porsi lumayan di piring cekung. Sambal rawit merah dan tauge pendek jadi pelengkapnya.

Wah, bunut sapi lokalnya menebarkan aroma gurih wangi bawang putih. Teksturnya garing dengan rasa lembut di bagian dalam. Tak ada lemak berlebihan. Justru terasa garing ringan. Setelah disiram kuah rawon dan diaduk dengan sedikit sambal, rasanya makin mantap. Tak salah lagi jika menu ini jadi favorit pengunjung.

O,ya supaya makin afdol, santapan rawon paling pas dinikmati dengan potongan tempe goreng yang tebal. Padat biji kedelainya dan digoreng kering. Renyah gurih. Atau kerupuk rambak (kulit sapi) dan aneka kerupuk dan emping yang selalu tersedia di beberapa sudut rumah makan. Ayo, mampir jajan rawon di sini!

Rawon Bik Atik
Jalan Ahmad Yani 83
Banyuwangi
Telpon: 033-423165

Jl. Raya Situbondo
Telpon: 033-510212
Buka : Jam 07.00-22.00

Source Pegimakan.id food.detik
Comments
Loading...