pegimakan.id

Rumah Makan Iwak Karing, Kuliner Enak Banjarmasin

Rumah Makan Iwak Karing

Meski terletak di pinggir jalan utama, namun dari luar tampilannya tidak ada yang menonjol sama seperti rumah makan lain pada umumnya. Terletak di Jalan Panglima Batur Banjarbaru Ruko No 45 B dan berada di lantai bawah rumah toko (ruko) tempatnya terbilang sederhana.

Jangan terkecoh dengan tampilan luarnya. Meski tampak biasa-biasa saja, warung ini menyediakan menu masakan Banjar unik yang mengoyang lidah. Ya rumah makan Iwakaring namanya. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan menu apa saja yang ditampilkan dirumah makan miliki Runner Up Master Chef Indonesia Season 1, Agus Sasirangan.

Beragam varian menu yang dijamin tidak ada di rumah makan lain disajikan.

Iwakaring hadir sebagai salah satu tempat makan yang menampilkan masakan banjar bahari Iwak karing goreng, Sapat karing balado, Iwak karing batumbuk, Asam manis telang. Lalu ada Kepala talang betanak, Iwak wadi, Iwak samu. Juga hadir aneka iwak (ikan) khas Banjar lainnya seperti lais, haruan (gabus), baung, patin, papuyu (betok), udang galah.

Rumah makan ini pun menyediakan aneka ikan dengan olahan khas Banjar, sepert paisan (pepes) patin/baung/saluang, paisan hintalu iwak dan ampal pipih.

Untuk sayurannya pun unik juga khas masakan Banjar seperti sulur kaladi, bilungka baparut, tarung babanam basantan, tiwadak babanam, gangan kaladi, gangan asam, gangan basantan, urapan dan mandai.

Sementara untuk sambalnya beragam pilihan pun disediakan mulai dari sambal limau kuwit, sambal kuminting, dan cacapan. “Tidak hanya makanan, menu makanan ringan khas Banjar pun ada seperti lempeng dan roti pisang,” ucap Agus Sasirangan. Kenapa rumah makannya diberi nama Iwakaring, Agus Sasirangan menjelaskan karena dia melihat Iwakaring yang ada di Kalsel nih banyak variannya. “Seperti sepat, salungsungan, haruan, saluang dan ikan asin telang,” ujar pria asal Marabahan ini

Agus melanjutkan orang Banjar sangat suka sekali Iwakaring malah melebihi rasa daging enaknya.

Nah berawal dari situ Agus tertarik mengakat produk Iwakaring untuk dijadikan brand produk dan agar orang yang biasanya memandang Iwakaring itu makanan kampung ditangan chef Agus Iwakaring bisa jadi naik kelas.

Rumah makan Iwakaring yang memiliki take line “Rasakan sensasi seperti makan di rumah” memang bernuansa adat Banjar.

Sumber info www.tribunnews.com

Comments
Loading...