pegimakan.id

Sajian Lezatnya Pallu Cella dan Pallu Kaloa khas makassar

Pallu Cella

merupakan masakan tradisional khas Makassar.Berdasarkan arti katanya yaitu pallu yang berarti masak dan ce’la yang berarti garam, jadi pallu ce’la adalah masakan ikan yang bercitarasa asin dengan aroma khas kunyit. Bumbu yang digunakan hanya dua, garam dan kunyit. Jenis-jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan cakalang, ikan layang, ikan bolu, ikan sibula’/tembang. Ikan dimasak dengan bumbu kunyit dan garam hingga kuahnya hampir mengering dan bumbu meresap secara merata.

Pallu cella cukup banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Biasanya menggunakan bahan dasar ikan tembang atau ikan bolu dan dibungkus dengan daun jati untuk mempercantik tampilannya. Pallu ce’la ini nikmat disantap dengan raca’ taipa (sambel mangga muda yang dicacah halus) dan nasi panas.

Pallu Kaloa

Pallu Kaloa, salah satu kuliner tradisional Makassar yang menyuguhkan kepala ikan (umumnya ikan kakap) dengan campuran bumbu rempah yang khas. Rempah yang digunakan adalah kaloa, yang tergolong rempah biji dengan kulit keras membatu ketika buah sudah tua. Di daerah lain, disebut sebagai rempah kluak atau kluwek. Bagian yang digunakan adalah bijinya yang berwarna hitam, dimasukkan ke dalam masakan ikan yang akan menciptakan cita rasa asam yang khas. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap merah, lamuru, kerapu, atau tuna.

Kuah sup ini terlihat berwarna kehitaman dan tidak kental. Berhubung tampilan kuahnya mirip menu rawon asal Jawa Timur, tak ayal sebagian warga pendatang di Makassar menyebut pallu kaloa sebagai rawon ikan. Pallu kaloa menjadi salah satu masakan yang paling diburu wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Masyarakat dari kalangan biasa hingga pejabat kerap menjadikan makanan ini sajian utama ketika menjamu tamu. Untuk kuahnya, ada yang menambahkan dengan kelapa parut sangrai untuk menambah kekentalan dan cita rasanya.

Rumah Makan Pallu Kaloa yang terletak di Jl. Tentara Pelajar No.66, Melayu, Wajo, Kota Makassar ini Menyediakan Sup ikan yang sudah hadir sejak era 1970-an. Rumah Makan ini biasanya buka dari jam 10.00 sampai jam 22.00.

pegimakan.id
Comments
Loading...