pegimakan.id

Sanger, Minuman Unik Khas Nanggroe Aceh Darussalam

Sumber foto : https://www.merdeka.com

Berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk mencoba sanger. Nama Sanger Mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kalangan masyarakat dan khususnya bagi para Mahasiswa yang berada di Kota Banda Aceh dan sekitarnya. Sesuai dengan julukkan kota ini “Kota Seribu kedei Kopi” sudah menggambarkan betapa gemarnya warga kota Banda Aceh dalam menyeduh secangkir Kopi. minuman sanger mulai dikenal di warung kopi sejak tahun 1990.

Sanger merupakan sejenis minuman yang hanya ada di Aceh. Sanger atau juga sering di sebut kopi sanger ini secara umum mirip dengan kopi susu biasa. Sanger tidak diracik oleh barista yang menggunakan mesin, tetapi dengan saringan kopi khas untuk jenis robusta. Tapi sekarang Sanger juga sudah mulai diracik menggunakan mesin kopi arabika.

Asal usul Sanger terbagi menjadi dua versi, Salah satu versi disebutkan asal kata Sanger adalah “Sange”. Sebutan ini untuk memudahkan sebutan racikan kopi, dicampur susu dan ditambah gula. Versi lain menyebutkan, sanger bermula dari sejumlah mahasiswa pada 1996 hendak minum kopi susu. karena saat itu kondisi ekonomi memburuk, mahasiswa memutar otak agar tetap bisa minum kopi dicampur susu. Lalu lahirlah ide dengan sebutan “sama-sama ngerti” yang disingkat dengan sanger.

Sumber foto : https://cyberkupi.blogspot.co.id

Salah satu kedai sanger yang terkenal adalah Coffee Café Solong Mini yang terletak di jl. P.Nyak Makam No. 32-34, Ulee Kareng, Lambhuk, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

Untuk harganya pun kini tetap masih bisa dijangkau oleh para penikmat kopi, sekitar Rp.5.000 sampai Rp 8.000 per gelasnya. Kedai ini buka dari jam 06.00 sampai jam 00.00

Cita rasa beragam macam Kopi Aceh memang terkenal sampai ke seluruh dunia. Banyak turis yang datang ke Aceh untuk mencicipi kopi khas Aceh termasuk kopi Sanger.

Sumber : http://kaisosogarcia.blogspot.co.id/

pegimakan.id
Comments
Loading...