pegimakan.id

Santap Kuliner Enak Dan Segar di Tom Yam Pak Long Pontianak

Tom Yam Pak Long

Beragam kuliner dari bahan baku makanan laut (seafood) begitu menarik untuk dinikmati.
Satu di antaranya Tomyam dan Cumi Saos Asam Pedas di Tomyam Pak Long, Jungkat, Kabupaten Mempawah.
Dua makanan ini langsung mengundang selera saat dihidangkan.

Udang laut dengan campuran beragam sayur pada Tomyam, membuat rasa lapar semakin menjadi.
Terlebih aroma khas bumbu-bumbu yang harum, membuat tak sabar melahapnya.
Segarnya udang, sangat terasa saat mulai masuk ke mulut.
Ada juga cumi asam pedas yang dibaluri saos dengan racikan bumbu ala Pak Long.

Bagi yang sedang dalam perjalanan, Tomyam Pak Long sangat mudah ditemukan.
Lokasinya dekat jembatan Jungkat atau setelah jembatan jika dari arah Pontianak.

Rumah makannya terlihat biasa dan sangat sederhana. Setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi para pelanggan setia. Bukan setia sama Pak Long tentunya tapi setia sama masakannya Pak Long. Masakan Pak Long emang bikin mereka tergila-gila. Parkir mobil agak susah dicari karena penuh.

Pak Long mengisahkan bahwa warung ini beliau rintis pada tahun 1998 ketika beliau pensiun. Pak Long adalah pensiunan polisi. Jabatan terakhirnya yaitu sebagai Kapolsek Batu Ampar. Usaha kuliner ini memang sudah dipersiapkan dan sudah diniatkan sejak beliau masih aktif menjadi polisi. Pak Long memang mempunyai hobby memasak. Beliau pernah ikut lomba masak ketika masih aktif di kepolisian. Diantara lomba masak nasi goreng. Pak Long sering keluar sebagai juara pertama. Setelah itu menjadi juri dalam acara lomba masak, karena beliau sudah nggak boleh ikut lagi karena saking seringnya jadi juara.

Mengenai menu masakan Thailand, Pak Long menceritakan bahwa anaknya yang tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia mempunyai kakak ipar yang buka usaha kuliner. Menu yang ditawarkan adalah masakan Thailand. Maka Pak Long belajar dengan kakak ipar dari anaknya itu. Karena semangat juang yang keras, Pak Long bisa menguasai cara membuat makanan Thailand itu. Akhirnya Pak Long membuka usaha kuliner dengan nama TOM YAM PAK LONG.

“Kenapa nama warungnya TOM YAM PAK LONG?”
“Long itu bukan nama saya. Nama saya adalah Mas’udi Husin. Long berasal dari kata Sulung dalam bahasa melayu yang artinya anak pertama. Karena logat Melayu, jadi nyebutnya Sulong. Orang Melayu atau Pontianak biasa memanggil dengan sebutan Pak Along atau Pak Long yang artinya anak sulung, anak pertama atau anak tertua.”ucap nya.
Long itu ternyata bukan diambil dari bahasa Inggris yang artinya panjang, tetapi dari bahasa Melayu yang mempunyai arti anak pertama.
Sejak saat itulah warungnya selalu ramai dikunjungi para pencinta kuliner sampai saat ini. Jadi nama PAK LONG benar-benar membawa hoky buat usaha kulinernya ini. Usahanya bisa bertahan sampai sekarang alias panjang umur seperti kata LONG dalam bahasa Inggris.

Silahkan mencoba!!
Alamat : Gg. H. Mursyid 1, Benua Melayu Laut, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
Buka
10.00-23.00

Source Pegimakan.id Tribunnews.com
Comments
Loading...