pegimakan.id

Santapan Nikmat Kerang Kiloan Bang Jono, Kuliner Banyuwangi

Mengusung konsep kafe, Kerang Kiloan Bang Jono bisa dijadikan tempat nongkrong dan makan bersama sahabat atau keluarga saat berkunjung di Kabupaten Banyuwangi.  Ada banyak pilihan seafood dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak serta tempat yang cocok untuk bersantai.

 

Menu yang direkomendasi adalah lobster bakar, kerang hijau sambalado, serta yang tidak boleh ketinggalan yaitu kepiting saus Using. Bahan laut yang digunakan terasa segar. Sedangkan bumbu yang dipakai membuat rasa “laut” semakin kuat. Gurih dan nikmat.

“Semua bahannya berasal dari hasil laut di Banyuwangi mulai dari lobster, kepiting, kerang, dan udang,” jelas Fikhi Nizar (22), pemilik Kerang Kiloan Bang Jono. Ia mengaku sengaja membuat konsep berbeda di Banyuwangi dengan membuat kedai yang bisa untuk tempat nongkrong anak muda tetapi menjual makananan berat yang mengenyangkan tetapi tetap dengan harga terjangkau.

“Selama ini kalau namanya kafe yang disediakan kan hanya makanan ringan. Terus kalau ngomong restoran seafood pasti harganya selangit. Di sini beda, Selain itu, ia sendiri yang mencoba resep-resep yang akan disajikan di kedai miliknya itu. Kemampuan tersebut ia dapatkan karena suka menikmati kuliner seafood.

“Semuanya resep sendiri jadi rasanya berbeda dengan tempat lainya,” jelasnya.

Untuk kerang yang disajikan ada beberapa macam pilihan yaitu kerang dara, kerang manis kepah, kerang hijau, dan kerang batik. Untuk bumbunya bisa pilih saus sambalado, asam manis, atau saus tiram.

 

Tertarik untuk mencoba? Kerang Kiloan Bang Jono ada di Area Dapur Using, Jalan Achmad Yani, tepat di tengah kota Banyuwangi. Buka mulai jam 3 sore hinggga jam 10 malam. Selamat menikmati seafood di Banyuwangi. ” jelasnya. Ia mencontohkan harga kerang segar yang dimasak kisaran Rp 35.000 sampai Rp 45.000 per kilogram dan bisa dimakan untuk dua atau tiga orang sekaligus. Termasuk juga lobster dan kepiting yang bisa dimakan bersama-sama. “Paling mahal di sini Rp 150.000,” jelasnya.

Ide itu muncul ketika dia masih menjadi mahasiswa dan kesulitan mencari tempat makan seafood yang harganya sesuai dengan kantong anak muda. “Apalagi potensi hasil laut Banyuwangi sangat luar biasa dan saya ambil kesempatan ini,” jelas pemuda asli Banyuwangi lulusan Universitas Indonesia.

Selain itu, ia juga ingin menginspirasi anak muda agar berani untuk berbisnis dengan perhitungan yang matang. Ia mencontohkan untuk usaha kuliner Kerang Bang Jono, ia menyewa area parkir dan merubah kontainer sebagai tempat jualan. “Nggak harus sewa ruko mahal-mahal. Di mana saja bisa bisnis. Kalau di sini kendalanya ya kalau hujan karena konsepnya outdoor. Tapi bisa kok kalau mau masuk ke bagian dalam,” jelasnya.

Selain itu, ia sendiri yang mencoba resep-resep yang akan disajikan di kedai miliknya itu. Kemampuan tersebut ia dapatkan karena suka menikmati kuliner seafood. “Semuanya resep sendiri jadi rasanya berbeda dengan tempat lainya,” jelasnya.

Untuk kerang yang disajikan ada beberapa macam pilihan yaitu kerang dara, kerang manis kepah, kerang hijau, dan kerang batik. Untuk bumbunya bisa pilih saus sambalado, asam manis, atau saus tiram. Tertarik untuk mencoba? Kerang Kiloan Bang Jono ada di Area Dapur Using, Jalan Achmad Yani, tepat di tengah kota Banyuwangi. Buka mulai jam 3 sore hinggga jam 10 malam. Selamat menikmati seafood di Banyuwangi.

Source Pegimakan.id Travel.kompas
Comments
Loading...