pegimakan.id

Sate Bulayak, Kuliner Andalan Warga Lombok Ntb

Sate merupakan makanan khas Indonesia. Makanan yang identik dengan tusukan dan dibakar ini dapat ditemui di seluruh pelosok nusantara. Begitu pula ketika berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sate bulayak menjadi salah satu kuliner andalan masyarakat Lombok.

Berbahan dasar daging ayam, jeroan, dan daging sapi, sate bulayak tak begitu berbeda dengan sate kebanyakan. Kekhasan sate ini terdapat pada bulayak, lontong yang dililit dengan daun aren atau enau.

Bulayak berukuran lebih kecil dibanding lontong biasa. Cara melilitnya pun unik. Daun dililit secara spiral. Ini dimaksudkan agar saat dibuka, bulayak akan terbuka secara memutar dan memudahkan penikmat untuk menyantapnya. Bulayak memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih, sangat nikmat ketika bertemu dengan lidah.
Bumbu kacang yang disajikan pada sate ini pun berbeda dengan bumbu kacang pada sate yang biasa dijumpai. Bumbu kacang di sini terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan juga bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai menghasilkan rasa yang pedas untuk disantap.
Untuk menikmati sate ini, cukup dengan membuka daun aren yang melilit bulayak. Bulayak lalu dicelupkan ke bumbu kacang yang telah disediakan. Pertemuan gurihnya bulayak dan bumbu kacang yang pedas menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

Sate bulayak bisa dengan mudah ditemukan di Jalan Udayana, Mataram, NTB

Source Pegimakan.id Indonesia Kaya
Comments
Loading...