pegimakan.id

Sate Landak Tawangmangu Yang Penuh Khasiat

Sate Landak

Kuliner yang satu ini merupakan menu andalan di karanganyar-tawangmangu.Banyak orang yang menganggap bahwa hewan yang penuh duri ini tidak enak dan di anggap sebagai hama yang memakan tumbuhan yang hanya bisa merugikan penduduk sekitar saja.Kini anggapan itu salah daging hewan ini bisa dijadikan makanan yang sangat enak yaitu sate landak.

Salah satu daerah dan tempat makan yang menjual makanan menu dari landak ini yaitu rumah makan sate landak gunung mas tak pernah sepi pengunjung. Selalu ada yang datang untuk mencoba atau kembali ingin merasakan sate landak. Dagingnya lumayan besar dan agak alot. Tapi rasanya benar-benar enak. Apalagi ditemani segelas bir pletok yang dibuat dari belasan macam rempah-rempah,sehingga banyak pengunjung yang menyukai makanan ini.

Sate landak dijual seharga Rp 40 ribu. Daging landak diklaim bebas kolesterol dan bisa untuk mengobati sakit gatal-gatal, asma, dan menambah stamina,sehingga banyak sekali kegunaan untuk kesehatan bagi badan dan tubuh.

Untuk mencicipi lezatnya sate landak, para pengunjung  bisa datang ke warung Bapak Sukatno yang berada di jalan Matesih- Tawangmangu km 2. selain itu, sate landak juga banyak ditemui di sepanjang jalan di Tawangmangu,dan ini merupakan makanan khas yang mudah ditemui di kawasan daerah tersebut.

Satu porsi sate landak berisi 10 tusuk dijual dengan harga rata- rata Rp 20.000. Harga satu pori sate landak memang lebih mahal dibandingkan dengan sate kelinci atau sate ayam. Harganya memang lebih mahal karena memang bahan baku sate landak sendiri memang sulit untuk dicari.

Sate unik ini banyak dicari oleh wisatawan luar kota yang sengaja datang ke Karanganyar untuk mencoba sate yang unik dan tidak biasa ini. Cara membuat dan penyajiannya tidak jauh beda dengan sate Kelinci. Daging landak yang sudah dipoting dadu lalu ditusuk dan dibakar dengan bumbu sate. Setelah matang, sate disajikan dengan lontong atau ketupat, sambal kacang, irisan bawang merah mentah, irisan kol, irisam timat, mentimun dan irisan cabai bagi yang suka pedas.

Cita rasa sate landak ini mirip dengan sate ayam . Selain bisa dinikmati dalam bentuk sate, daging landak juga diolah menjadi rica- rica dan tongseng,sehingga banyak pilihan bagi wisatawan dan pengunjumg untuk memilih daging landak ini diolah menjadi apa saja sesuai dengan selera masing-masing.

pegimakan.id By Della

 

 

 

Comments
Loading...