pegimakan.id

Sayur Ares Pisang Santapan Mewah Khas Lombok

Menjelajah suatu daerah belum lengkap rasanya jika tidak menjajal makanan khas daerah tersebut. Seperti pada upacara pernikahan rekan Tya dan Pramana Saputra di Lombok barat beberapa waktu lalu, ada makanan unik yang disuguhkan dan susah ditemukan di daerah selain Lombok. Ares, makanan khas yang hanya bisa ditemui ketika ada upacara adat tertentu di Lombok barat ini. Terbuat dari pelepah pisang atau dares gedang atau debog dalam bahasa Jawa.

Bagi sebagian besar masyarakat debog kadang dianggap tak bermanfaat sehingga seringkali dibuang. Namun bagi masyarakat Sasak Lombok  debog pisang bisa diolah menjadi makanan yang nikmat sebagai sayur atau lauk. Pisang yang digunakan dalam pembuatan ares bukan pisang sembarangan, hanya jenis pisang tertentu saja. Yakni, pisang kepok atau pisang raja.

Kendati menjadi ‘makanan wajib’ di acara hajatan, ares pisang kepok ini tidaklah dijual di pasar. Ares ini hanya didapatkan di kebun-kebun warga. Cara membuat sayur ares bisa dibilang cukup mudah karena bumbu yang digunakan biasanya bumbu kare. Debog pisang dikupas sampai bersih hingga menyisakan bagian dalam yang berwarna putih kemudian diiris kecil-kecil.

Setelah itu diberi garam dan diremas baru dicuci untuk dimasak sesuai selera. Selain diolah dengan bumbu kare, kadang ares dimasak dengan daging sapi sebagai campuran gurih. Sayur ares ini semakin nikmat disantap dengan nasi punel hangat.

Apabila saat hajatan tidak berhasil mendapatkan ares, biasanya diganti dengan sayur nangka muda atau sayur pepaya muda. Biasanya sayur ares dimasak dalam jumlah banyak untuk tamu undangan.

Kenapa sayur ares disuguhkan dalam hajatan di masyarakat Lombok? Ternyata ada kisah yang melatarinya. Konon, dulu warga Lombok pernah didera kekeringan berkepanjangan sehingga tak ada yang bisa dimakan. Hewan ternak banyak yang mati dan tanaman tak bisa tumbuh. Satu-satunya tanaman yang dapat tumbuh hanyalah pisang.

Itu sebabnya ares sampai kini tetap dapat ditemukan saat hajatan warga di antara deraan makan modern lainnya. Seyogianya warga Lombok memertahankan keberadaan pisang kepok sebagai bahan utama ares, suguhan mewah nan nikmat suku Sasak.

Source Pegimakan.id Trimbunnews
Comments
Loading...