pegimakan.id

Sayur Lompong Nostalgia Kuliner Desa ponorogo Jawa Timur

0 6

Sayur Lompong

Lompong atau biasa kita sebut dengan talas, banyak kita jumpai di hampir setiap desa di Ponorogo, tanaman ini dapat tumbuh subur di sekitar air atau lingkungan yang mempunyai tingkat kelembapan yang cukup. Mempunyai ciri khas berdaun lebar dan berbatang lunak sehingga mudah patah. Banyak orang mengira bahwa talas hanya dapat di manfaatkan buahnya saja yang tergolong umbi – umbian.Namun ternyata selain dari bagian umbi saja, struktur lain dari bagian pohon talas juga mempunyai banyak manfaat, seperti pada daun dan batangnya. Talas (Cokocasia esculentia schott)

mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita.Talas memiliki zat yang bernama polifenol, sebagai penangkal radikal bebas yang merusak fungsi sel di dalam tubuh.
Tangkai talas mengandung zat yang bernama saponin. Senyawa ini berfungsi menyingkirkan kolesterol dan antiseptik.Selain menfaat tanaman talas di atas, pada bagian daun dan pelepah juga bisa di fungsikan sebagai obat gatal. pada bagian daun dan umbinya di gunakan untuk mengatasi radang kelenjar ringan, selain itu manfaat umum yang wajib anda ketahui adalah talas di gunakan untuk obat pencernaan seperti tukak pada lambung, gangguan bronchial dan penyakit asma.

Di Desa Bedingin Kecamatan Sambit sejak dahulu dengan kreatifitas penduduk tanaman ini di olah dan menjadi makanan faforit bagi kebanyakan masyarat, dinamakan sayur lompong di padukan dengan tempe, kecambah serta bumbu bumbu pelangkap, disajikan hangat dengan nasi tiwul krupuk dan ikan asin.Menu ini bisa kita coba bagi yg belum pernah merasakan dan sekalian bernostalgia untuk yang sudah merasakan di masa kecilnya dahulu, tersedia di beberapa warung makan, saat mengunjungu obyek wisata sirah keteng, acara 3 tiga bulanan bedingin bungah dan museum desa (saat ini masih taraf pembangunan) dan menikmati keindahan Desa Bedingin

 

Source pegimakan.id www.google.co.id
Comments
Loading...