pegimakan.id

Sayur Putungo Masakan Tradisional Khas Gorontalo

Tidak berbeda dengan provinsi Sulawesi Utara atau Sulut, Gorontalo juga menyimpan destinasi wisata elok yang tersebar pada berbagai tempat. Gunung, bukit, serta lautan dengan panorama luar biasa indah. Dari keindahan destinasi wisata tersebut berbanding lurus dengan ragam kuliner yang tidak kalah terkenal.

Salah satu makanan tradisional dari tanaman pisang merupakan bagian jantungnya. Sebab hampir di seluruh wilayah tanah air sangat mengenal pohon pisang, maka dari itu keanekaragaman jenis kuliner ini bisa kita temukan pada tiap daerah di indonesia dengan cara pengolahan yang berbeda–beda. Tentu rasa yang dihasilkan juga akan berbeda pula.

Begitupun di daerah Gorontalo, kuliner yang sering dijadikan sebagai pelengkap ataupun sayur ini sangat khas dan apabila dikembangkan tentu akan mendatangkan nilai ekonomis. Sayur jantung pisang di daerah Gorontalo sangat terkenal dengan nama Sayur Putungo.

Di daerah Jawa di kenal dengan nama Ontong. Walaupun nama serta rasanya berbeda, tetapi bahan dasarnya tetap sama yakni jantung pisang. Di daerah Gorontalo, sayur jantung pisang ataupun putungo diolah dengan berbagai macam cara, sesuai dengan menu yang disajikan bersama putungo. Bisa dibuat santan, tumis ataupun sekedar lalapan biasa. Putungo paling pas dimakan dengan milu rebus ataupun milu bakar. Putungo di lalap mentah, diiris kecil–kecil yang dicampur dengan sambal, lalu disantap dengan jagung.

Source Pegimakan.id hello-pet.com
Comments
Loading...