pegimakan.id

Segarnya Dawet Hitam Dawala Khas Pangandaran

Pangandaran Jawa Barat adalah kota atau kabupaten dan daerah yang kaya akan seni dan budaya. Masyarakat Pangandaran Jawa Barat juga sangat ramah dan bersahabat. Selain mempunyai seni dan budaya Pangandaran juga mempunyai makanan khas dan restoran – restoran terkenal, yang dapat banyak di temui di pangandaran. Salah satunya Saung Dawet Hitam Dawala.

Dawet memang bukan berasal dari bumi pangandaran melainkan dari jawa tengah, namun dawet pangandaran di adaptasi dari dawet hijau di jawa tengah. dawet sangat identik dengan toko pewayangan jawa seperti semar, bagong, ataupun petruk. namun khusus dawet yang ada di pangandaran di ambil dari tokoh wayang sunda yaitu Dawala.

Dawet ini memiliki keunikan yaitu penyajian dawet yang jumlah dawetnya jauh lebih banyak dibanding kuahnya santan ditambah air gula. Hal unik lainya, santan biasa diperas langsung dari bungkusan serabu kelapa.

Warna hitam dari dawet ini di hasilkan dari serbuk abu pembakaran dari batang padi. yang  sangat bermanfaat buat penghilang sakit perut, diare dan penetralisir darah.

 Dawet Hitam Dawala yang mempunyai ciri khas yang wangi dan memiliki tekstur lembut ini, akan melengkapi hari anda selama di Pangandaran dan dapat di jadikan penghilang haus dan penunda lapar yang efektif. Oleh karena itu Dawet ini sangat pas dengan cuaca yang ada di pangadaran yang panas, Tak heran tempat ini selalu banyak di kunjungi oleh pengunjung.

Di kemas dengan tampilan stand dengan ciri khas tanggungan atau pikulan dari bambu dan gentong dari tanah liat menjadi semakin khas dengan tampilan menarik dari penjajanya yang mengenakan pakaian khas sunda dengan iket dan pakaian pensinya. Untuk harga Es Dawet Hitam Dawet Dawala ini di jual hanya Rp 5.000. sangat hemat sekali untuk dawet yang menyegarkan ini.

Lokasi dawet hitam Dawala ini kini sudah tersebar di beberapa titik di Pangandaran, dan basecamp utamanya yang di beri nama dengan  Saung Dawet Dawala terletak di samping RM. Ciganjengi jalan raya Babakan KM.01  pangandaran.

Selamat mencoba

Source Pegi Makan Dawet Dawala Info Kuliner Murah
Comments
Loading...