pegimakan.id

Serabi Kuah Khas Ponorogo Dengan Citarasa Tersendiri

0 6

Serabi Kuah

Disajikan Panas di Dalam Mangkok, Dituangi Kuah Santan dan GulaSerabi, makananan sederhana ini banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali di Ponorogo Jawa Timur, Serabi menjadi alternatif sarapan yang bisa didapatkan saat pagi menjelang. Anda bisa mendapatkan Serabi Ponorogo di beberapa tempat diseputaran kota. Seperti di depan Masjid Agung Ponorogo dan hampir di setiap perempatan dan hampir di sepanjang Jalan Somoroto, Ponorogo.

Meski serupa, Serabi di tiap daerah mempunyai cita rasa dan kekhasan tersendiri. Yang membedakan Serabi Ponorogo dengan yang lain adalah Serabi Ponorogo biasa disantap dengan kuah santan. Sejak dahulu Serabi khas Ponorogo biasa dijual di pinggir jalan, perempatan dan dekat masjid dan bukanya menjelang subuh sampai sekitar jam 6-7 pagi.

Pada dasarnya bahan Serabi dan cara masaknya sama. Adonan tepung beras yang dicampur santan, encer mirip membuat jenang sumsum dikasih bumbu garam secukupnya untuk membuat gurihnya lalu dituang di kereweng yang dipanasi bara api dari arang. Disajikan saat panas di dalam mangkok dan dituangi kuah santan dan gula.
Bagi anda yang tidak suka manis bisa hanya memakai santan, dan bila anda tidak suka santan dan manis, Maka anda dapat meminta parutan kelapa muda. Serabi Ponorogo paling enak dinikmati ketika panas sambil duduk nongkrong di dekat penjualnya menikmati hangatnya perapian tungku Serabi.

 

 

Source pegimakan.id /www.google.co.id
Comments
Loading...