pegimakan.id

Sop Kaki Kambing M Syam, Kuliner Khas Jakarta Tanah Abang di Bandung

Sop Kaki Kambing M Syam Bandung

Kuliner di Bandung memang tidak pernah habis-habisnya, Kota Kembang ini tidak hanya menyajikan menu khas Sunda, tetapi juga menghadirkan beragam menu nusantara lainya. Satu di antara kuliner nusantara yang terkenal di Bandung adalah Sop Kaki Kambing M Syam.

Sop Kaki Kambing M. Syam terletak di Jalan Banceuy, Kota Bandung, yang hanya menggunakan warung tenda sebagai tempatnya. Dibagian depannya terdapat spanduk besar bertuliskan Sop Kaki Kambing M. Syam khas Jakarta Tanah Abang. Saat Anda masuk ke dalamnya, Anda akan menjumpai sejumlah kursi dan meja panjang dari berbahan kayu.

Masing-masing meja kayu tersebut, dibaluti karpet berwarna merah tua.Beragam sajian daging kambing, dari kaki hingga jeroan kambing, terpampang di dalam baskom panci di atas meja. Selain itu terdapat pula baskom besi yang berisikan bahan daging kambing di atas meja sebelah pojok kiri.

Sedangkan kuahnya yang hangat terdapat di panci alumunium dibelakang meja. Memang Warung Tenda Sop Kaki M. Syam ukurannya tidak terlalu besar, namun warung tenda ini selalu dipadati pelanggan.

Dari sore hingga menjelang malam, warung tenda ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan banyak juga anak muda yang makan di sini. Sop Kaki Kambing M. Syam menyajikan hidangan sop kaki kambing khas Jakarta, yang populer di Bandung.

Seperti namanya, Sop Kaki Kambing memang berbahan baku kaki kambing, yang dicampur dengan jeroannya. Campuran kikil dan jeroan kambing memang sering dihindari para pecinta kuliner yang memiliki kolesterol tinggi. Namun kekhawatiran akan kolesterol bisa lupa saat sup ini disajikan di hadapan Anda. Lembutnya daging yang menempel pada tulang kaki, memberi kenikmatan tersendiri saat melahapnya.

Sajian Sop Kaki Kambing M Syam di Bandung,

Untuk kuahnya, Sop Kaki Kambing M. Syam memiliki kuah yang berwarna putih kekuningan. Warna putih tesrsebut didapatkan dari campuran susu, santan, dan kaldu daging kambing. Harum aroma kuahnya yang bercampur dengan sejumlah rempah membuat hidangan berkuah ini mampu menggugah selera.

Satu porsi sop kaki kambing ini disajikan di dalam mangkuk bersama daging dan emping, dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Agar membuat rasanya terasa sempurna dan menyegarkan, Anda perlu menambahnya dengan sambal cabai rawit dan perasan jeruk nipis.

Teuku Bustami selaku generasi penerus Sop Kaki M. Syam, menuturkan, usaha ini dirintis oleh ayahnya Alm. M. Syam sejak 1978. “Pada 1978 usaha kami ini berlokasi di Jalan Cikapundung, namun berpindah ke Jalan Banceuy sejak 1993,” jelas Bustami .

Bustami beralasan, pindah ke Jalan Banceuy, karena sempat dibangunnya Mall Matahari di kawasan Jalan Cikapundung “Dulu pada 90an di Jalan Cikapundung itu banyak pedagang kaki lima yang berjualan, berhubung dibangunnya Mall Matahari, mau tidak mau ayah saya memutuskan untuk pindah lokasi ke Jalan Banceuy,” ujar Bustami.

Mengenai resep sop kaki kambing, Bustami mengatakan, ini adalah resep turun temurun dari sang ayah yang kemudian turun kepadanya. “Soal resep, dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah, rasa tetap saja sama enaknya,” ujar Bustami.

Kata Bustami, dalam sehari Sop Kaki Kambing M. Syam ini mampu menghabiskan 40 kg daging kambing. Sedangkan porsi makanannya, mampu mencapai 400 piring dalam sehari. Nah bagi Anda yang ingin menicicpinya, satu porsi Sop Kaki Kambing M. Syam dihargai Rp 35.000, sedangkan yang tambah nasi dihargai Rp 40.000.

Jam operasional Sop Kaki Kambing M. Syam dibuka setiap hari dari pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB.

Source Pegimakan.id www.tribunnews.com
Comments
Loading...