pegimakan.id

Sop Senerek Khas Magelang Dari Jaman Penjajah

Sop Senerek,masakan khas dari Magelang memang nggak banyak yang tahu.Sup ini sebenarnya adalah kuliner peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda dahulu, Sop Senerek berasal dari kata Snert (kacang polong), tetapi orang Magelang menyebutnya senerek dan dibuat dari kacang merah. (ada masakan sejenis di Menado, dengan nama Brenebon/ Bruineboone, tapi mengunakan daging babi, jadi untuk umat muslim sebaiknya dihindari, atau ditanyakan dulu mengunakan daging apa.

Tampilannya mungkin seperti sop Iga atau sop buntut pada umumnya, tetapi mungkin yang membedakannya adalah Kacang Merah sebagai inti bukan sebagai garnish, dan penggunaan kaldu kacang yang membuat sop ini khas dan Beda.

Rasa dari sop senerek sendiri sangat menggugah selera, apalagi kalo menyantapnya pada siang hari. Satu piring ini berisi nasi disiram dengan kuah kaldu dan kacang merah, sayur bayam serta wortel. Rasa dari kuahnya begitu segar dengan kaldu yang rasanya seperti membekas di lidah, mungki ini karena kuah sop yang tercampur dengan Iso babat (jeroan sapi) yang aromanya terasa sekali di lidah membuat saya pingin lagi dan lagi makan kuahnya saja. Untuk kalian yang biasa lewat Magelang harus mampir ke Warung ini untuk mecoba Sop Senerek yang legendari ini, kamu bisa mampirr di Warung bu Atmo tepatnya di di desa Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang.

pegimakan.id By Della
Comments
Loading...