pegimakan.id

Soto Dan Becek Kerbau Kuliner Sedap Dengan Nama Unik Khas Purwodadi

Dari sudut namanya, memang terasa kurang nendang.  Mengucapkan Kata beceknya yang terbayang adalah kondisi jalanan berair dan berlumpur selepas hujan. Tapi, jangan under estimate dulu ya. Nama itu juga merujuk kuliner khas Kabupaten Grobogan lho. Bila sudah merasakan, kelezatannya berpotensi bikin ketagihan

Becek memang kuliner khas Kabupaten Grobogan. Kuliner ini kini mulai populer dan menjadi salah satu ikon kuliner Grobogan—yang sejauh ini identik dan terhegemoni oleh kuliner swike kodok. Secara perlahan, becek menjadi populer dan menarik minat pengusaha kuliner Grobogan untuk mengangkatnya sebagai salah satu sajian istimewa di berbagai rumah dan warung makan yang mereka kelola.

Dari sudut history, konon becek hanya bisa dijumpai di acara-acara hajatan warga Grobogan, terutama di pedesaan, seperti saat acara mantenan (pesta pernikahan) dan sunatan (khitanan). Kala itu, becek dihidangkan untuk jamuan para tamu. Banyaknya tamu yang hadir menjadikan kuah masakan ini diperbanyak agar semua tamu bisa kebagian. Konon, karena kuliner ini lebih banyak kuahnya, menjadikan kuliner ini dinamakan Becek.

Tak jelas siapa yang memulai, sejak kurang lebih lima tahunan yang lalu, Becek mulai dihidangkan di warung makan. Kini, becek tersedia di sejumlah warung dan rumah makan di Kabupaten Grobogan, terutama di Kota Purwodadi.

Becek khas Grobogan berbahan iga sapi dengan bumbu-bumbu meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan cabai. Dikombinasi dengan daun kedondong dan daun dayakan, membuahkan sensasi kelezatan kuliner tradisonal yang khas dan segar, dengan cita rasa asem dan pedas yang mendominasi. Biasanya becek disajikan dengan sepiring nasi plus kering tempe dan kacang tolo sebagai pelengkap dan lalapan.

Bila kepingin, warung favorit adalah di WM. Mbak Ping (kompleks pertokoan depan pasar Purwodadi yang sebelah timur) dan WM. Lumayan H. Kadri, Jl. A. Yani Purwodadi, Nglejok, Kuripan, Purwodadi (lokasinya persis sampung Masjid Al-Huda Nglejok).  Atau di WM. Putra 45, Jl. S. Parman, Purwodadi (depan Kantor Pos Purwodadi).

Selain karena ia mulai menjadi kuliner kebanggaan masyarakat Grobogan, cita rasanya juga lezat dan segar. Menyantapnya membuncahkan sensasi kelezatan yang begitu mantap. Dijamin nyamleng. Kalau berkunjung ke Grobogan.

Source Pegimakan.id hJatengnyamleng.com
Comments
Loading...