pegimakan.id

Soto Lamongan Kuliner Yang Terkenal

Berbeda dengan soto lainnya, Soto Lamongan ini merupakan satu-satunya soto yang menggunakan koya, sebuah pelengkap soto yang menjadi daya tariknya. Makanan berkuah dan termasuk kategori soto ayam ini dalam penyajiannya menggunakan ayam kampung yang telah dimasak dengan bumbu.

Kuah pada soto Lamongan awalnya termasuk kuah bening, tetapi dengan perkembangan waktu kuah soto ini mengalami perubahan, yaitu adanya pencampuran kuah soto Surabaya yang diisi bandeng sebagai bumbu kuah, sehingga tampilan kuah menjadi tampak keruh. Soto Lamongan mempunyai cita rasa yang khas, rasa kuahnya yang segar dan enak sehingga hampir di seluruh kota di Jawa banyak yang menjual salah satu kuliner khas Lamongan ini. Asal usul penggunaan koya tidak diketahui secara pasti, tetapi koya sendiri terbuat dari kerupuk udang yang berasal dari udang dan bawang yang digoreng kemudian di haluskan. Cara menghaluskannya pun dengan cara di tumbuk secara manual dan tidak boleh di giling karena rasa yang dihasilkan akan berbeda.

Sajian soto Lamongan jika dilihat dari atas tampak taburan koya yang berwarna sedikit merah kecoklatan. Rasa koyanya sendiri sangat gurih serta aroma udang dan bawang yang khas. Biasanya orang menikmatinya dengan satu sendok koya saja dalam satu mangkok soto, adapula yang menambahkan koya lebih dari satu sendok tergantung selera masing masing. Dalam satu mangkok soto Lamongan di lengkapi dengan telur yang di rebus, kuah yang berwarna merah kecoklatan dipadukan dengan warna hijau daun seledri dan daun bawang yang membuat kombinasi warna yang menarik perhatian para penggemarnya. Mie soon yang terlihat berada paling bawah dalam mangkuk akan menjadi empuk karena panasnya kuah soto ini.

Saat menyantap soto ini jangan lupa satu piring nasi putih sebagai pelengkap menikmatinya. Jika ingin menikmatinya langsung bersama soto atau sering di sebut nasi soto (campur) penyajian soto ini akan di mulaui dari nasi yang di tata paling bawah kemudian baru bahan penyajian soto lainya di atasnya. Bahan penyedap lain seperti jeruk nipis yang di peras dalam kuah soto akan memberikan rasa asam saat menyantapnya. Gurih, segar sedikit masam, dan pedas dengan aroma khas soto yang menawan, inilah komentar pertama ketika mulai menikmati soto Lamongan.

pegimakan.id By Della
Comments
Loading...