Susu Murni Pak Jangkung, Susu Murni Sederhana nan Klasik di Yogyakarta

Susu Murni Pak Jangkung

Terkadang, menu-menu yang sederhana dan memiliki nilai nostalgia itu justru menu yang menarik untuk dicoba. Dengan munculnya berbagai inovasi rasa yang coba dipadu-padankan, terkadang beberapa gerai justru tenggelam pda uji coba yang lebay, dan membuat menu yang seharusnya bisa lezat dengan cara yang sederhana menjadi gagal total.

Salah satu menu sederhana yang menurut saya tidak perlu banyak dilakukan uji cobba padu-padan rasa dengan bahan-bahan kekinian adalah susu. Di tengah gempuran susu dengan berbagai rasa yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, saya justru merasa rindu pada menu susu sederhana. Menu susu yang hanya memadukan rasa coklat, jahe, telur jahe, atau madu. Hal inilah yang saya temukan di gerai Susu Murni Pak Jangkung yang berlokasi di Pandega Marta (depan Indomaret). Saya mengetahui keberadaan gerai ini mungkin sejak lima tahun yang lalu namun saat itu saya tak mengetahui namanya dengan pasti. Setelah berselang lima tahun, saya baru mengunjunginya lagi, dan mendapati bahwa namanya adalah Susu Murni Pak Jangkung.

Meski saat ini cukup banyak gerai susu bernuansa kekinian namun sepertinya popularitas Pak Jangkung ini tidak banyak berkurang. Tampak gerai tendanya masih banyak dipenuhi pengunjung di malam hari. Meski rentang umur pengunjungnya rata-rata umur pekerja (bukan mahasiswa) namun gerai ini tetap ramai. Saya pun memesan Susu Telur Jahe, dan dua roti bakar. Satu roti bakar coklat, dan satu roti bakar strawberry. Secara rasa, susu murni racikan Pak Jangkung ini terbukti segar dan tidak amis.

Dengan dipadukan bersama telur dan jahe, susu ini berhasil membuat saya kenyang karena rasa gurihnya yang mantap serta hangat dari rasa jahenya. Minuman ini memang pas untuk diminum di malam-malam yang dingin seperti akhir-akhir ini di kota Jogja. Sedangkan untuk roti bakarnya, tak ada yang istimewa dari keduanya. Meski begitu, kesederhanaan serta rasanya yang klasik ini selalu berhasil membuat saya jatuh cinta dan merindukannya. Saya benar-benar terpuaskan dengan semua menu sederhana racikan Pak Jangkung ini.

Kepuasan saya ini mungkin menjadi bukti bagaimana kesederhanaan di tengah gempuran berbagai modifikasi makanan yang kadang sedikit ngawur ini selalu berhasil menghapus rasa rindu pada menu- menu sederhana. Semoga saya keberadaan Pak Jangkung ini bisa terus ada meski industri kuliner sedang bergejolak dengan cepat dan sedikit liar.

Susu Murni Pak Jangkung
Jl. Pandega Marta (Seberang Indomaret), Jogja
16.00 – 01.00 WIB

Lokasi:
Nama Resto : Susu Murni Pak Jangkung

Alamat :Jl. Pandega Marta (Seberang Indomaret), Jogja

Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 10.000,-

Jam Operasional : 16.00 – 01.00 WIB

Source https://makanjogja.com
Comments
Loading...