pegimakan.id

Kuliner Lezat dari Sagu Khas Kota Palu

Beberapa daerah di Indonesia menjadikan sagu sebagai salah satu bahan pokok yang digunakan untuk kebutuhan pangan sehari-hari, terutama di wilayah Indonesia bagian timur, sagu lebih dikenal dibandingkan beras yang sudah lekat sekali dengan makanan pokok masyarakat Indonesia. Jika Papua memiliki Papeda, Palu, kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah ini juga memiliki panganan tradisional yang diolah dari sagu juga. Tabaro Dange namanya, makanan ini terbuat dari sagu dan dijadikan kudapan pilihan bagi masyarakat sekitar.

Tabaro Dange atau yang juga dikenal dengan jepa merupakan olahan sagu yang dicampur dengan kelapa parut. Biasanya tabaro dange diberi isian gula merah atau ikan di dalamnya. Tapi tak sedikit juga masyarakat Sulawesi Tengah yang menyukai tabaro dange tanpa isian sehingga rasanya masih original.  Camilan ini sangat khas karna proses pembuatannya masih tergolong tradisional, hanya menggunakan tungku dan juga belanga yang terbuat dari tanah liat. Dengan mempertahankan ciri khas dari proses pembuatan serta alat-alat masak yang digunakan, dipercaya dapat menjaga kualitas rasa dari Tabaro Dange.

Perkembangan makanan tradisional ini sempat meredup namun kini sudah mulai banyak masyarakat setempat yang kembali berjualan Tabaro dange. seperti di Taman Ria dan juga sepanjang Jalan Cumi-cumi kota palu. Untuk harga Tabaro Dange isian gula merah dihargai sekitar Rp. 4.000, sementara untuk isisan tumis tuna suwir dihargai Rp. 5.000. biasanya penjual Tabaro Dange ini buka dari jam 16.00 Wita.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Tabaro Dange
Comments
Loading...