Tahu Lamping atau Tahu Kopeci Legendaris Khas Kuningan

Salah satu dari makanan khas Kuningan yang sudah sangat terkenal ialah tahu lamping atau lebih populer dengan sebutan tahu kopeci. Tahu lamping atau dikenal juga sebagai tahu kopeci adalah tahu asli Kuningan. Kuliner khas Kuningan yang satu ini konon lebih lezat daripada tahu sumedang.

Terlebih banyak yang mengatakan konon tahu lamping lebih lezat rasanya daripada tahu sumedang yang walaupun secara fisik bentuk kedua tahu ini nampak sama. Berbentuk kotak persegi empat dan setelah digoreng berwarna coklat. Tahu lamping ini memiliki bagian dalam yang padat dan halus. Rasanya gurih.

Menurut Sejarah adapun pemberian nama ‘lamping’ ini merujuk pada lokasi awal pembuatan tahu lamping/tahu kopeci, yaitu di lamping (pinggir) Gunung Ciremai. Sejumlah pemuda yang berada di desa tersebut bekerja keras untuk menciptakan kreasi panganan tahu berdasarkan pengalaman yang mereka dapat secara turun temurun.

Usaha ini mendapatkan respon positif dari warga dan masyarakat sekitar sehingga semakin berkembang dan membentuk koperasi dengan nama Koperasi Pemuda Cikentrungan atau yang disingkat dengan sebutan Kopeci. Sejak saat itu tahu ini dikenal juga dengan sebutan tahu kopeci selain sebutan tahu lamping.

Sementara letak perbedaan antara tahu lamping dengan tahu bandung, yaitu tahu sumedang lebih panjang dengan kulit tahu bagian luar berkerut-kerut atau berkeriput, sedangkan tahu lamping berbentuk lebih pendek dengan kulit tahu bagian luar tidak berkerut-kerut. Sedangkan bagian dalam tahu sumedang tidak berisi alias kopong sementara tahu lamping pada bagian dalamnya lebih berisi, putih dan padat.

Kios tahu lamping ini dapat Anda temukan di Jalan Raya Manislor Jalaksana. Disini Anda dapat melihat proses pembuatan dan penggorengan tahu lamping. Selain itu, dapat juga ditemukan di Jalan Veteran Jagabaya, atau di pusat pembuatan tahu lamping yaitu di kios Blok Cikentrungan / Lamping, lingkungan Pasapen 3, Kuningan Jawa Barat.

Tahu Lamping dihargai Rp 500 per biji. Biasanya pengujung membeli Rp 20.000 untuk 40 tahu yang memang pas memenuhi keranjang anyaman. Cabe rawit menjadi teman setia tahu ini. Sajian lain adalah susu kedelai yang dijual Rp 2.000 sekantung kecil ukuran 200 ml.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Tahu kopeci Tahu Lamping
Comments
Loading...