pegimakan.id

Tahu Susu, Salah Satu Makanan Yang Populer Khas Boyolali

Terkenal dengan sebutan Kota Susu Kabupaten Boyolali ternyata menyimpan salah satu kuliner yang unik dan kental dengan ketradisionalan khas Jawa yang Salah satunya akan di jadikan “Kuliner Khas Boyolali”

Kuliner yang memiliki cita rasa dan aroma Susu, Nikmat dan pasti akan membuat kamu ketagihan, sebut saja nama kuliner yang satu ini adalah “Tahu Susu”Seperti yang kita tahu bahwa Kota Boyolali ini terkenal dengan ternak sapi perahnya, Sehingga bisa di bilang tingkat Produktivitas Susu Sapi segar cukup tinggi.

Tahu susu merupakan makanan khas yang dimiliki Kota Boyolali. Bagi masyarakat Boyolali, Tahu susu ini bukanlah kuliner yang asing bagi mereka, Terutama bagi masyarakat yang memiliki ternak sapi. Namun kuliner tahu susu ini akan terasa asing bagi masyarakat umum. Karena tahu susu ini memanglah tidak diperjual belikan dipasaran umum maupun swalayan.

“Tahu susu ini bukanlah makanan yang yang terbuat dari tahu yang di campur dengan susu ataupun tahu yang bilamana dimakan akan mengeluarkan susu. Tetapi kuliner yang satu ini memanglah terbuat dari perahan susu sapi segar. Jika pada umumnya bahan pokok pembuatan tahu adalah Kedelai,Tetapi tidak dengan Tahu yang satu ini.”

Bahan pokok yang digunakannya adalah susu sapi pertama melahirkan. Sapi yang baru saja melahirkan akan mengeluarkan susu, Susu pertama dari sapi tersebut tidak akan laku dijual karena warnanya yang menguning dan bau nya yang sangat amis. Tetapi kandungan gizi yang terdapat dalam susu tersebut sangatlah tingi. Jadi jika dibuang secara percuma akan terasa sia-sia, Maka dari itu masyarakat kemudian mengolahnya kembali menjadi cemilan langka dan bergizi.

Cara pembuatan tahu susu ini pun tidaklah sulit, Susu yang berasal dari sapi yang baru saja melahirkan ini diperas, Lalu di campur dengan bumbu tradisional seperti, Bawang putih, Ketumbar dan garam, Kemudian semua bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi.

Diaduk dengan merata setelah itu susu sapi yang telah tercampur dengan bumbu bumbu tersebut di tuangkan ke dalam cetakan atau tempat yang telah disediakan kemudian kukus hingga matang. Setelah matang lalu anda dapat memotongnya sesuai dengan selera masing- masing dan kemudian digoreng`

Sebagai pelengkap cemilan ini biasanya warga sekitar menyantapnya dengan membuat segelas kopi susu akan menjadi pelengkap untuk menikmati tahu susu yang tidak terjual dikalayak umum ini.

Jadi gimana anda tertarik untuk mencicipinya, proses yang sangat mudah anda dapat memesan terlebih dahulu kepada peternaknya langsung dan dipastikan anda akan mendapatkanya.

Source Pegimakan.id lensaboyolali.com
Comments
Loading...