pegimakan.id

Tempat Santap Kuliner Rumah Makan Akmal Samarinda

Rumah Makan » RM Akmal

Salah satu hidangan andalan di RM Akmal adalah pallumara kepala ikan kakap merah. Pallumara adalah masakan khas Sulawesi Selatan. Gurih dan segar, dengan tone asam-pedas yang seimbang. Tetapi, masakan pallumara di Akmal sedikit berbeda citarasanya dibanding dengan yang biasa kita makan di Makassar sana.

Di Akmal, pallumara-nya tanpa kemiri, sehingga kuahnya lebih encer dan segar – lebih cenderung mirip masakan pindang Palembang atau asam pedas Riau. Ikan bakar di rumah makan ini juga populer.

Ikan tekulu bakar (Rp 55-85 ribu, tergantung ukurannya). Sekalipun cara membakar ikannya berbeda dengan gagrak Makassar yang paling saya sukai, tetapi setidaknya orang Samarinda tidak melumuri ikan dengan terlalu banyak bumbu ketika membakar.

Hasilnya adalah ikan bakar yang masih menghadirkan rasa manis alami dari ikan segarnya. Selain terkulu (ikan kuwe, trevally), juga ada pilihan ikan baronang, bawal, kakap, nila, dan patin.

 Padahal, di Samarinda – juga Balikpapan dan Banjarmasin – patin bakar/goreng/pepes adalah hidangan yang wajib dipesan, khususnya bagi tamu dari kota lain.

Barangkali juga perlu dicatat di sini bahwa menu RM Akmal juga tidak terlalu banyak menampilkan sayur-mayur. Hanya ada tumis kangkung, tumis pare, dan lalapan. Padahal, sesungguhnya berbagai masakan sajian rumah makan ini sangat padan untuk didampingi berbagai jenis sayur.

Masakan lain yang harus dipesan bila berkunjung ke kota ini adalah udang galah – yaitu udang sungai bercapit panjang berukuran 100-200 gram per ekor. Udang besar ini biasanya digoreng, dibakar, atau dimasak asam-manis.

Di Akmal, per porsi berisi tiga ekor udang besar dihargai Rp 135-150 ribu. Ada juga masakan spesial udang pete (Rp 65 ribu) yang banyak digemari tamu. Masakan ini sebetulnya lebih mirip sambal goreng pete dan udang. Top markotop! Jangan lewatkan!

Alamat : Jl. Awang Long 12 Samarinda

0541-748497

Source Pegimakan.id Alamatku.detik
Comments
Loading...