pegimakan.id

Timlo Sastro Kuliner Khas Solo

Timlo.Tidak heran lagi bila makanan yang satu ini banyak dicari para penikmat kuliner khususnya yang ada di daerah Solo, sebab makanan ini sangat cocok dengan lidah para masyarakat setempat dan harganya yang sangat terjangkau .Timlo merupakan makanan khas Solo yang isinya terdiri dari potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Dan pengunjung bisa memesan makanan sesuai dengan toping dan isi makanan yang diminati.

Timlo akan lebih lengkap dan nikmat bila disantap dengan nasi putih yang masih hangat,kelezatan tersebut akan terasa bila dimakan secara bersamaan ,rasa panas dari nasi yang bercampur dengan enaknya isi timlo merupakan rasa yang komplit yang dapat dirasakan oleh para pengunjung.Sedangkan kuah dari timlo sendiri sangat segar bila juga dimakan dalam keadaan yang masih hangat.Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo

Timlo Sastro, biasa dikenal juga sebagai timlo Balong yaitu nama yang diambil  dari nama sang pendiri tempat usaha ini, yaitu (alm) Pak Sastro. Pak Sastro membuka warung ini sekitar tahun 1962,yang bermula pada  awalnya hanya berupa tenda kaki lima sederhana di sebelah barat pasar. Adanya renovasi pasar ketika itu membuat Pak Sastro harus pindah ke sudut belakang Pasar Gede. Terhitung dan terbilang sejak tahun 1958 itulah, Timlo Sastro menempati lokasinya yang sekarang.

 

Sejak awal berdirinya, warung ini hanya buka dari pkl. 06.30 – 15.30.Meskipun  demikian warung Timlo ini sangat laris dan banyak yang menyukai Timlo khas solo tersebut.Makanan yang satu ini banyak dicari sebab rasa dan harga yang pas di kantong para pembeli ,sehingga tidak heran bila makanan ini menjadi makanan yang khas di Kota Solo ini.Berbagai bumbu dan rajikan yang sangatb pas sesuai dengan  takaran makan menimbulkan sensasi yang enak di lidah ,makanan ini sangat diminati disemua kalangan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa danm anak muda.Warung yang menjual Timlo ini juga selalu banyk pembeli dan warung yang jarang sepi.Jadi tidak menutup kemungkinan bahbwa makanan ini adalah makanan yng melegenda dan bersejarah di Kota Sono ini.

pegimakan.id By Della
Comments
Loading...