pegimakan.id

Tipat Cantok Kuliner Khas Pulau Dewata Yang Menggugah Selera

Pulau Bali selama ini memang sebagai tempat surga dunianya wisata kuliner. Salah satu kuliner asli khas Bali yang patut dicoba adalah Tipat Cantok. Dalam istilah bahasa di Bali, Tipat berarti ketupat, sedangkan Cantok artinya diulek dan diaduk dalam cobek. Jika diuraikan dari susunan arti per kata ini, Tipat cantok berarti olahan ketupat (beserta rupa rupa irisan makanan yang menemani) yang kemudian diulek dan diaduk aduk dalam suatu nampan dengan bumbu yang mengugah selera. Tipat catok memang mirip dengan gado Рgado yang ada di jakarta, namun soal rasa sangatlah berbeda. Tipat dibungkus dengan janur, bukan dengan daun pisang seperti lontong yang biasa ditemukan. Dan memang, penduduk asli Bali pun tidak mengenal istilah lontong.

Bumbu tipat cantok juga cukup sederhana. Di antaranya, kacang tanah, gula merah, bawang putih, cabai, garam, kencur, dan jeruk limau. Semua bahan bahan itu dilebur jadi satu dilembutkan hingga jadi bumbu tipat ini. Sedangkan untuk bahan dasar utamanya, tentu saja beras yang dimasak mirip seperti lontong namun diberi rempah khas pulau ini. Di sajiannya, biasanya tipat ditemani oleh sayuran, misalkan kacang panjang, kangkung, tauge, atau bisa juga disajikan dengan tahu yang diiris kecil dan tipis tipis.

Untuk menemukan penjual Tipat catok ini terletak di Jalan Raya Sesetan, Denpasar. Warung milik kadek kartini ini menjual tipat catok dengan Harga relatif murah, antara Rp 5.000 – Rp 7.000.

Selamat mencoba.

Source Pegi Makan Tipat Cantok
Comments
Loading...