pegimakan.id

Umah Ubi Atok Kulop, Menu Tradisional Khas Bangka

“Inspirasi membuka resto UMAH UBI Atok Kulop ini dari kehidupan masa lalu saya bersama orang tua.

Kami 10 bersaudara dan hidup dalam kesederhanaan. Hampir setiap hari kami makan makanan berbahan dasar ubi, termasuk lempah kuning rampai ubi”.
Satu lagi cafe/resto dengan mengusung menu urang Bangka asli bahkan sangat tradisional yakni menu urang kebun di Pulau Bangka, UMAH UBI Atok Kulop yang beralamat di Citraland Botanical City, jalan Alexander Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang.


Di tengah-tengah kawasan perumahan paling elite di Bangka Belitung ini, kehadiran UMAH UBI Atok Kulop seakan menjadi fenomena baru. Tak heran, UMAH UBI Atok Kulop ramai dikunjungi konsumen, karena taste (rasa) masakan lempah kuning rampai (campur) ubi dari Koki bernama Rita, seakan membuat para pengunjung terus mendatanginya. “Alhamdulillah, belum 2 bulan kita buka, mereka yang datang ternyata kembali lagi.

Bahkan beberapa tokoh di Babel ini seperti Yusron Ihza, Erzaldi, Herry Erfian, Bambang Patijaya, Hernu Grandi, Rosman Djohan,Zulkarnain Syamsuddin, Yan Megawandi, Yunan Helmi, Depati Gandhi, Djohan Riduan Hasan, Secarpiyandi, Bahar Buasan dan masih banyak lagi yang lainya. Mereka merasa cocok dengan cita rasa yang kita sajikan,” jelas Ahmadi Sofyan, owner UMAH UBI Atok Kulop. Bahkan, lanjut dia, pengunjung seperti Bambang Patijaya sudah menjadi pelanggan tetap karena hampir tiap hari jika ke Pangkalpinang, pasti menikmati sajian UMAH UBI Atok Kulop.


Ahmadi Sofyan, yang lebih dikenal sebagai penulis buku dan kolomnis berbagai media massa ini menceritakan, inspirasi membuka usaha kuliner ini dari perjalanan hidup dirinya dan keluarga besarnya.
“Saya berasal dari kampung (Kemuja) dengan keluarga besar, 10 bersaudara plus satu saudara angkat menjadi 11 orang. Alhamdulillah kami ditempa oleh hidup yang sangat sederhana. Karena anak yang banyak, maka orang tua kami cerdas dalam mengolah makanan anak-anaknya, yakni lempah kuning dengan ikan atau daging selalu dicampur ubi agar kelihatan lebih banyak,” kenangnya. Kesederhanaan orang tua disebut Ahmadi telah menginspirasi dirinya. “Saya bangga dengan kehidupan masa lalu, dan sangat berterima kasih dengan orang tua yang telah memberikan inspirasi”, ungkap Ahmadi sembari terkekeh mengenang masa lalunya.

Lempah Ikan Sungai Jadi Andalan

Walaupun sungai dan ekosistem di Pulau Bangka sudah banyak yang rusak akibat TI (Tambang Inkonvensional-red), namun ternyata sungai di Pulau Bangka masih menyimpan kekayaan berupa ikan segar. Dari hobi memancing ikan di sungai, Ahmadi Sofyan mulai tertarik menjadikan ikan sebagai menu andalan di resto UMAH UBI Atok Kulop seperti ikan baung, seluang, keperas, kepatong, nila, udang satang, delek (gabus), dan lain-lain.
“Ternyata menu ikan sungai sangat disukai konsumen, terutama ikan baung, ikan delek (gabus) dan udang satang dan uyep (udang sungai). Namun untuk ikan laut kita juga ada, seperti kepala ikan tenggiri, kepala ikan bulat, kerisi, sutong dan juga ikan asin baik dilempah kuning rampai ubi, maupun digoreng kering. Sekali lagi dengan cita rasa orang kampung atau bahkan orang kebun,” ungkap Muammar, Manager UMAH UBI Atok Kulop.
Dari pantauan Laspela, nampak lalapan segar juga menjadi menu menggiurkan di UMAH UBI Atok Kulop, seperti daun ubi, jantung pisang dengan cecel sambel serai, rusip dan lain-lain.
“Sambel serai itu bisa buat cecel ubi rebus juga buat lalapan makanan” tambah Muammar, putra pertama KH. Ahmad HijaziJemain (Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja) ini kepada Laspela.
Aneka Cemilan dari Ubi
Berada di kawasan elite Citraland, UMAH UBI Atok Kulop seperti menjadi khas tersendiri, ditambah interior pernak-pernik khas Bangka seperti bubu, isok (pisau) karet, terindak (caping), sungkok (kopiah) resam, kerontong hingga Kapak Naga Geni 212 Wiro Sableng yang menjadi alat paling favorite bagi konsumen untuk berselfie ria
Alamat : CitraLand Botanical City Pangkalpinang, Jl. Alexander Bukit Intan, Bukit Intan, Pangkal Pinang City, Bangka Belitung Islands 33684
0813-6969-6898
Buka 09.00
Sumber info www.negerilaskarpelangi.com

Source pegi Makan Negeri Laskar Pelangi
Comments
Loading...