pegimakan.id

Uniknya Cita Rasa Rujak Khas Aceh

Sumber foto : http://www.masakandapurku.com

Apa yang terlintas di benak anda mengenai rujak? Sudah pasti buah-buahan yang dipotong lalu disirami dengan kuah pekat berwarna hitam kecoklatan yang terbuat dari gula batak/aren dicampur asam jawa dan cabe hijau yang memberikan komposisi rasa pedas manis serta taburan kacang halus diatasnya.

Tanah Rencong juga mengenal kreasi rujak,salah satu ciri khas rujak aceh adalah pemakaian mangga kweni atau kuini yang beraroma wangi dan buah rahasianya yaitu buah rumbia. Rumbia berbentuk seperti buah srikaya kecil berkulit hijau keras,daging buah warna putih keruh,rasanya sepat agak asam mirip salak. Selain itu terdapat parutan timun, ubi jalar, jambu, bengkuang, nanas atau bahan lainnya. Rujak juga diberi taburan kacang tanah tumbuk yang krenyes renyah.

Rujak di Aceh ada yang tersaji dalam bentuk rujak serut. Rujak mameh atau berarti rujak manis ini bercitarasa paduan manis pedas dan segar dengan isi beragam jenis buah.

Sumber foto : www.viva.co.id

Asal mula rujak bagi masyarakat Aceh adalah makanan saat perang mempertahankan kedaulatan di masa lalu. Karena tentara Aceh ketika itu sering berpindah-pindah (gerilya) dari satu hutan ke hutan lain, sehingga sangat sulit mendapatkan makanan. Di hutan mereka hanya menemukan buah-buahan. Kemudian, buah-buahan itu diracik sendiri dengan bumbu seadanya.

Ternyata hasil racikan itu menghasilkan rasa yang cocok di lidah para tentara Aceh. Selain itu, racikan yang kemudian dikenal dengan rujak Aceh tersebut, juga mampu memberikan energy,saat itulah rujak Aceh kian dikenal.

Untuk bumbunya, biasa memadukan cabai rawit dan gula pasir. Sedikit perasan jeruk nipis jadi penyeimbang. Rujak serut seperti ini umumnya disajikan dingin. Kadang ditambah potongan es batu.

Saat ini rujak Aceh banyak dijual di daerah-daerah lain di  luar Aceh,namun lebih nikmat lagi datang langsung ke kota aceh. Ada banyak penjual rujak aceh salah satunya Rujak Aceh Garuda.

Sumber foto : www.viva.co.id

Rujak Aceh Garuda terletak di jln.Tengku Pulo Dibaroh, No. 15, kp. baru, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Rujak aceh garuda buka dari jam 08.00 sampai 20.00.

Untuk soal harga rujak aceh yaitu kisaran Rp.15.000 sampai Rp.50.000 saja. Selain rujak aceh ada juga Es Buah Garuda.

Sumber : https://food.detik.com dan http://helloacehku.com

pegimakan.id
Comments
Loading...