pegimakan.id

Warung Nasi Pecel Gudeg Lumintu Kuliner Jember Yang Gak Kalah Nikmat

Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke jember adalah pecel gudeg Lumintu yang berdiri sejak tahun 1980-an. Meskipun masuk gang, pembeli tetap rame, nama Warung nasi pecel gudeg Lumintu ini memang sudah terkenal di Jember.

Warung nasi pecel gudeg Lumintu ini menyediakan menu nasi pecel, nasi gudeg dan nasi campur (pecel + gudeg). Orang-orang biasanya makan nasi campurnya, yaitu pecel dicampur dengan gudeg, memang menu ini yang paling favorit deh. Gudeg di Lumintu ini warnanya nggak cokelat dan rasanya nggak manis seperti kebanyakan gudeg Jogya. Buat lidah orang Jawa Timur yang nggak terlalu suka manis, gudeg Lumintu ini sangat cocok dan pas di lidah.

Yang bikin nikmat karena gudeg dimasak dengan tungku kayu bakar dan dimasak sehari sebelum disajikan agar rasa bumbunya meresap. Kalau mau beli tambahan rempelo ati juga bisa. Beli gudegnya saja tanpa nasi juga bisa biasanya. Menu lain yang ada di warung pecel gudeg Lumintu ini adalah soto ayam dan ayam bakar, tapi tetep yang favorit adalah nasi pecel gudegnya.

Pecel gudeg Lumintu terdiri dari pecel (kacang panjang dan kecambah) yang bumbunya sedikit pedas, ayam, pindang telor, sayur tewel (nangka muda), sambal goreng krecek dengan kacang tolo, sambal dan rempeyek kacang.

Pas sekali perpaduan pecel dan gudeg ini, rasanya nikmat.Porsi nasi pecel gudeg ini lumayan banyak, bisa dimakan 2 sampai 3 orang.

Harganya  Rp 18.000,-  Masih bisa dibilang murah harganya, porsi nasi dan lauknya juga banyak. Tempatnya dulu masih agak sempit, tapi sekarang sudah direnovasi jadi lebih luas dan terlihat lebih lapang, membuat pengunjung yang makan di tempat lebih nyaman.

Memang sudah banyak perubahan yang ada di warung pecel gudeg Lumintu ini, selain tempat yang sekarang lebih luas, juga ada perubahan di bagian pegawai yang mengambilkan makanan. Sekarang meskipun rame tapi pelayanan lumayan cepat, karena untuk yang makan di tempat, sudah ada yang melayani sendiri, nasi dan lauknya diambilkan dari ruang yang berbeda.

Yang bagian depan khusus melayani pembeli yang bungkus dibawa pulang. Sudah ada nomor antrian juga sih. Kalau nggak terlalu banyak pembeli biasanya nggak pake nomor, tapi begitu rame pembeli diberi nomor biasanya. Meskipun rame banget, masih maulah aku antri, begitu datang langsung minta nomor antrian saja, nanti tinggal nunggu giliran nomor dipanggil. Salut deh buat warung pecel gudeg Lumintu ini yang terus berupaya membuat pembeli nyaman.

Jam-jam rame pembeli biasanya pagi hari sekitar jam 07.00 pagi, memang itu waktunya sarapan sih. Bukanya mulai jam 06.00 pagi sampai sekitar jam 14.00 siang. Tapi kalau sudah habis ya nggak sampe jam 14.00 siang sudah tutup. Jangan datang hari Sabtu, bakal pulang dengan kecewa deh. Hari Sabtu libur.

Paling rame biasanya hari Minggu pagi, rame banget. Hari Minggu lalu aku ke warung ini sekitar jam 10.00 pagi, masih rame banget pengunjung, baik yang makan langsung di tempat ataupun yang antri beli dibawa pulang.

Warung Nasi Pecel Gudeg Lumintu (Tidak Buka Cabang)

Jl. Kertanegara 33 PH

Jam buka : 06.00 – 14.00

Sabtu libur

Source Pegimakan.id http://Liannyhendrawati
Comments
Loading...