pegimakan.id

Warung Precet Bu Zaenab, Makanan Khas Bayuwangi Jawa Timur

Namanya memang agak terdergar kurang komersial. Tapi nyatanya inilah salah satu makanan khas yang ada di ujung timur pulau jawa ini. Ya. precet. Umumnya Hidangan yang tergotong kudapan ini dijajakan di kedai-kedai sederhana.Salah satunya di kedai precet Bu Zaenab.

Lokasinya memang agak menyempil namun hampir semua warga di Jl. Lusi pasti tahu soal keberadaan kedai yang sudah ada sejak tahun 1960an Ini. Kini pengelolaan kedai ada di tanyan Ny Kusnul (42). pulri Bu Zaenab .”Selain precet biasa, tersedia juga precet komplit,” ujarnya ramah.

Precet merupakan kudapan berbahan baku pisang, jenis pisang yang digunakan hanya pisang ambon yang sudah matang sem­purna. Pisang in dikukus terlebih dulu, lalu dicetak menggunakan cetakan berbahan tempurung kelapa yarg berlubang-lubang di tengahnya Bentuknya menyerupai saringan namun memiliki lubang lebih besar

Cara membuatnya, pisang cukus ditekan-tekan di atas cetakan sehingga hasilnya menyerupai mi berdiameter besar. “Irilah yang disebut precet.’”imbuhnya.Setelah terkumpul precet kemudian diberi kuah santan, plus irisan rangka. Rasanya enak, khas manis pisarg berpadu nik­mat dengan kuah santan dan aroma nangka.

Seporsi menu ini juga sangat terjangkau. Jika ingin precet komplet, harganya melambung jadi 4 kali lipat Tapi tambahannya juga cukup baanyak Di antaranya sagu ambon manis, bubur sumsum, mutiara sagu berwarna merah, dan potongan roti tawar. Rasanya lebih mantap! Kedai mungil ini buka mulai pukul 09.00 – 16 00.

Source Pegimakan.id hwisataindonesia.co.id
Comments
Loading...