pegimakan.id

Wempoy & Sayur Daun Kelor Kuliner Unik Khas Kota Palu

Uta Kelo (sayur kelor) adalah sayur khas tanah kaili (Palu-sulawesi tengah). Kelor atau Moringa Oleifera ini memiliki beragam manfaat, mulai dari daun, bunga, hingga bijinya. Kegunaan yang dikenali secara tradisional di tanah air yakni sebagai bahan makanan/sayuran, lalapan, dan manfaat daun dan biji sebagai bahan obat herbal. Sesuai namanya sayur ini dibuat dari bahan utama daun kelor muda yg dimasak dengan beberapa bahan tambahan lainnya seperti Nasi jagung, Ubi rebus, Santan Kelapa, Cabe rawit, garam, vitsin dan pisang kepok atau terong.  Kota Palu sangat identik dengan sayuran ini, Sayur daun kelor ini merupakan sayur paling enak di Palu. Kuah santannya terasa ringan dan segar karena bercampur dengan rasa pedas. Harga Sayur daun kelor ini sangatlah murah yaitu dihargai sekitar Rp. 10.000 sampai Rp.25.000 perporsinya.

Sedangkan Wempoy merupakan menu kuliner sayur bening khas kaili yang begitu unik yaitu sayur wempoy. Wempoy juga biasa disebut sayur asam. Ini karena dalam bahasa Bugis, We artinya air dan Poi artinya asam. Sederhananya, wempoy diterjemahkan menjadi air asam. Sayuran Wempoy isinya antara lain buah kelor, labu siam dan jantung pisang.

Untuk bisa menikmati Uta Kelo dan Wempoy terdapat di Warung makan yang berada di jalan Tembang, Palu Sulawesi Tengah. Di sini banyak aneka masakan khas Kaili yang merupakan khas Palu. Warung makan yang baru buka sekitar pukul 10 pagi hingga sore ini sudah ada sejak tahun 2004.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...