pegimakan.id

Wisata Kuliner Bebek Betutu Pedas Gilimanuk Bali

Wisata Kuliner adalah salah satu yang tidak bisa dipisahkan dalam perjalanan tour ke Bali. Salah satu ciri masakan Bali yang terkenal adalah Bebek Betutu, Bebek Betutu merupakan masakan kebanggaan masyarakat bali. kuliner ini memang sangat digemari dan oleh beberapa penggemarnya menjadi makanan favorit.

Bebek Betutu Biasanya dibuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat. Bebek ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang. Bumbu Bebek betutu yaitu terdiri atas jahe, kencur, kunyit, bawang merah, bawang putih, lombok besar, lombok kecil, kemiri, cabai merah dan rawit, terasi, serai, merica, lengkuas,pala, sejumput sayur urap, kacang tanah goreng, telur rebus, dan sambal matah (sambal mentah) yang berisi irisan bawang merah, cabai dibubuhi sedikit minyak kelapa sehingga menghasilkan cita rasa yang pedas dan gurih.

Bebek Betutu ini dipelopori oleh Men Tempeh atau Ni Wayan Tempeh yang berasal dari Abianbase, Kota Gianyar, dengan suaminya I Nyoman Suratna yang berasal dari Bangli. Mereka berjualan sejak tahun 1976 di Terminal Lama Gilimanuk. Hidangan ini dahulu digunakan pada saat jamuan upacara adat atau upacara keagamaan. Namun seiring waktu, sekarang bebek betutu maupun ayam betutu banyak dijual di warung-warung makan, restoran maupun hotel-hotel berbintang. salah satunya Warung Bebebk betutu milik ibu lina.

Warung Bebek betutu milik ibu lina terletak di  Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Selain Bebek betutu nya,warung milik ibu lina ini menyediakan beberapa menu lainnya seperti plecing kangkung dll. untuk satu porsi Bebek betutu utuh dihargai Rp 90.000, satu bakul nasi putih hangat + plecing kangkung + sambal matah + kacang goreng + 3 gelas teh hangat dihargai Rp 30.000. Warung ibu lina buka dari jam 07.00 sampai jam 22.00.

Source Pegi Makan Bebek Betutu
Comments
Loading...