pegimakan.id

Wisata Kuliner Sembari Wisata Sejarah, Tip Top Medan Solusinya

Di kota Medan, Restoran Tip Top Medan sudah lama dikenal sebagai restoran yang legendaris. Restoran ini pun telah melayani warga kota Medan sejak tahun 1929. Tak hanya telah berdiri hampir 90 tahun, Restoran Tip Top ini juga merupakan sebuah tempat nongkrong yang asyik dengan suasana klasik ala Eropa.

Sejarah restoran Tip Top Medan

Restoran Tip Top Medan ini berdiri sejak tahun 1929. Hanya saja, pada awal pendiriannya, restoan ini tidak menggunakan nama Tip Top, melainkan Jangkie. Nama Jangkie digunakan karena sesuai dengan pendirinya. Pada saat itu, restoran Jangkie berada di alamat Jl. Pandu.

Baru pada tahun 1934, restoran Jangkie pun pindah ke lokasi baru di Jalan Kesawan yang kini telah berubah nama menjadi Jl. Ahmad Yani. Tak hanya berpindah lokasi, mereka pun secara resmi berganti nama menjadi Restoran Tip Top.

Nama Restoran Tip Top sempat dilarang pada era pendudukan Jepang dari tahun 1942 hingga 1945. Sehingga, terpaksa restoran ini menggunakan nama lawasnya, Jangkie. Dan setelah Indonesia merdeka di tahun 1945, nama Tip Top pun kembali digunakan karena Jepang sudah lenyap dari nusantara.

Nuansa ala Eropa pun bisa ditengarai dengan jelas pada restoran ini. Selain mempunyai bangunan tua dengan arsitektur Eropa, Restoran Tip Top Medan ini juga berusaha untuk mempertahankan desain interior di dalamnya. Memberikan pengalaman yang menarik saat berkunjung ke tempat ini.

Tip Top Medan halal

Menu yang ditawarkan oleh restoran ini beragam dan menggunakan bahan-bahan yang halal. Mulai dari daging sapi, lidah sapi, berbagai jenis seafood hingga daging unggas. Jadi untuk para traveler muslim, rasanya tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke restoran ini. Kalaupun ragu, bisa pula langsung bertanya kepada pihak restoran.

Menu andalan Tip Top Medan

Berbagai menu makanan pun dihadirkan oleh Restoran Tip Top Medan. Mulai dari menu makanan ala Eropa, menu makanan Cina hingga menu makanan nusantara. Tak ketinggalan, pihak restoran juga menyediakan berbagai pilihan menu es krim serta bakery sebagai tambahannya.

Menu yang ditawarkan oleh Restoran Tip Top Medan ini pun menggunakan berbagai bahan. Mulai dari bistik yang menggunakan bahan utama lidah sapi hingga gulai kepala ikan. Yang spesial di tempat ini adalah menu bakery serta es krim. Es krim di Tip Top Medan ini dibuat dengan menggunakan resep tradisional. Selain itu, cara pembuatannya pun masih menggunakan mesin yang berasal dari zaman Belanda. Dengan begitu, cita rasa dari es krim di tempat ini pun bakal terasa khas.

Sebagai tambahan, produk bakery dan es krim yang ditawarkan oleh restoran ini tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga kualitas serta cita rasa yang telah dimiliki oleh restoran legendaris ini.

Jam buka Tip Top Medan

Tempat ini pun buka dari setiap hari dari pukul 8.00 sd. 22.30 WIB. Dan pada hari Senin, Rabu serta Jumat, pihak restoran menyediakan hiburan berupa live music untuk para pengunjung, termasuk pegimakan lovers yang tertarik menyambangi Tip Top Medan ini.

Harga Tip Top Medan

Harga makanan di restoran ini juga tidak terlalu mahal. Bervariasi mulai dari yang termurah di kisaran Rp. 10.000,- hingga menu dengan banderol berkisar di angka Rp. 80.000,-.

Alamat Tip Top Medan

Restoran ini berlamat lengkap di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 92 A-B, Kesawan, Medan Bar, Kota Medan, Sumatera Utara 20111. Bisa dijangkau dengan mudah menggunakan transportasi umum.

Note:

Sumber gambar: www.panoramio.com

pegimakan.id
Comments
Loading...