pegimakan.id

Wisata Kuliner Soto Tangkar Mang Nean Karawang

Soto tangkar ini menjadi makanan khas yang wajib dicoba di Karawang karena rasanya yang khas dari bumbu serta resep turun-temurun sejak tahun 1980-an. Nama Mang Nean sendiri diambil dari nama pemilik dan pendiri warung soto tangkar tersebut, yang kemudian usaha itu dilanjutkan oleh anak-anaknya hingga saat ini.

Masakan tangkar, punya tampilan yang sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan sop daging sapi umumnya. Tapi jenis masakan ini memakai racikan bumbunya yang khas dan tersendiri, sehingga daging atau kulit sapi terasa empuk. Demikian juga kuahnya.

Tangkar punya warna khsusus yang membedakannya dengan masakan sop.  Selain ada santan, kuahnya juga memakai bumbu kunyit dan cabai yang digoreng. Karenanya kuah tangkar punya warna khas kuning kemerahan. Meski bernama tangkar, tidak berarti yang dijual di warung Mang Ne’an hanya tangkar dengan nasi putihnya yang konon juga dimasak khusus dengan cara tradisional, yaitu menggunakan kukusan dan dandang. sebagai ciri khususnya, warung tangkar pun biasa menyediakan kerupuk emping.

Soto disajikan dalam mangkuk dengan kuah santan berwarna kekuningan, dengan pelengkapnya nasi putih, emping, sambal dan jeruk nipis. Soto Tangkar Mang Nean terkenal dengan kikilnya yang empuk dan gurih tidak seperti kebanyakan soto tangkar yang lain. Selain menu soto tangkar, tersedia juga sate empal, sate otak, dan sate jeroan. Satu porsi soto dan nasi lengkap ditawarkan dengan harga Rp.16.000 dan untuk daging pelengkap Rp.8.000. Gratis teh tawar hangat untuk pelanggan.

Soto tangkar mang nean terletak di Jl. Dewi Sartika, Nagasari, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Buka dari jam 10.00 hingga pukul 22.00.

Source Pegimakan Citarasa soto tangkar karawang
Comments
Loading...