Ayam Tuturuga, Opor Ayam dari Manado

Menado dikenal dengan berbagai kuliner yang begitu memanjakan lidah, kuliner khas Manado yang kaya akan rempah-rempah juga terkadang akan sulit anda temui ditempat lain di Indonesia.

Memang harus diakui, bahwa cukup banyak kuliner khas Manado yang tidak cocok dengan kebanyakan warga Indonesia alias tidak termasuk kategori halal, seperti Kawok (Tikus hutan ekor putih), Tinoransak (Babi Hutan), Paniki (Kelelawar), Erwe (Anjing) dan lain sebagainya. Bilamana para pegimakan lovers menemukan restoran yang ada di daftar menu yang tidak halal, seyogyanya pindah ke restoran yang lainnya.

Sejarah Ayam Tururuga

Merujuk pada namanya, amat dekat dengan bahasa Portugis (tartaruga). Namun tentu saja dalam bahasa Indonesia kita familiar dengan kata penyu. Yup, ini sejenis kura-kura yang hidup damai di lautan luas dan bersahabat manis dengan Nemo. Tuturuga adalah sejenis olahan makanan yang bahan bakunya menggunakan daging penyu dibalut dengan kekayaan rempah khas Manado dengan kandungan cabe rawit yang mampu memicu terjadinya tsunami keringat bagi penikmatnya.

Namun seiring dengan berkurang dan dilindunginya ekosistem penyu, hidangan ini pun diganti dengan bahan baku ayam.

Ayam Tuturuga merupakan masakan khas Manado yang berbeda dengan cita rasa ayam pada umumnya. Karena memiliki tampilan yang mirip dengan opor ayam yang biasa dihidangkan saat lebaran agama Islam, maka banyak yang beranggapan hidangan ini adalah opornya masyarakat Manado. Hidangan ini sedikit unik karena dipadukan dengan daun pandan yang pastinya membuat Ayam Tuturuga ini menjadi enak, gurih serta memanjakan lidah penikmatnya

Lokasi

Jika Anda tertarik mencoba Ayam Tuturuga ini, Anda bisa menikmatinya di warung-warung makan khas Manado seperti di kawasan Wakeke.

Jam Buka

Biasanya warung-warung khas Manado ini mulai beroperasi pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Harga

Harga per porsi Ayam Tuturuga ini mulai dari Rp. 15.000,- sd. Rp. 45.000,-

Tertarik? Penasaran? Jangan lupa icip-icip Ayam Tuturuga ya saat berkunjung ke Manado.

Selamat berlibur dan berkuliner pegimakan lovers.

Sumber gambar: ujicobaresep.com

pegimakan.id

 

 

Comments
Loading...