Gurih Dan Renyah Stick Sukun Khas Cilacap Jawa Tengah

Stick Sukun

Salah satu oleh-oleh khas Cilacap yang wajib Anda bawa kepada sanak keluarga Anda adalah keripik dan stik sukun khas Cilacap. Kripik sukun berbentuk tipis sementara stik sukun berbentuk panjang persegi. Keduanya diolah dengan cara digoreng. Rasa dari stik dan kripik Sukun sangat  gurih dan renyah. Anda tidak perlu susah-susah untuk menemukan toko atau warung yang menjual stik dan keripik sukun di Cilacap, karena kedua jenis makanan ini bisa ditemukan dengan mudah baik itu di toko oleh-oleh maupun di warung-warung biasa.Cilacap selain kaya akan hasil lautnya juga mempunyai produk unggulan dibidang pertanian yaitu sukun. Buah sukun terkenal sampai ke luar negeri sampai-sampai Ratu Inggris pernah menyebutnya.
sebagai buah roti. Buah sukun nan pada dasarnya sudah enak dan gurih seperti roti lebih enak lagi bila diolah.Di Cilacap buah sukun banyak diolah menjadi stik dam kripik. Kripik sukun berbentuk tipis sementara stik sukun berbentuk panjang persegi. Diolah dengan cara digoreng. Rasanya sangat gurih dan renyah. Sukun menjadi salah satu primadona Cilacap. Selain diolah di industri pengolahan menjadi makanan camilan seperti kripik dan stik sukun, hasil panen buah sukun asal Cilacap banyak dipasok ke kota-

kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bogor.Berdasarkan data nan dihimpun produksi buah sukun bisa mencapai 50-150 buah per pohon. Berat buah sukun rata-rata 2 hingga 4 kilogram dengan harga eceran berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 3.500 per buah tergantung ukuran. Musim panen sukun biasanya dua kali setahun antara bulan Januari – Pebruari dan Juli – September.Ini menjadi peluang tersendiri bagi para petani buat budidaya sukun secara intensif. Saat ini sukun di Cilacap umumnya merupakan tanaman sampingan atau digunakan buat penghalang angin belum banyak dibudidayakan secara intensif.
Source .blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.