Rumah Makan Mie Tarempa Yang Selalu Dibanjiri Pengunjung Di Batam

Rumah Makan Mie Tarempa

Memasuki bulan Desember artinya 2017 kita sudah berada di penghujung tahun. Saatnya flash back pencapaian kita tahun ini dan move forward ke tahun berikutnya. Dalam sekejap, waktu emang cepet banget berlalu. Makanya guys, jangan pernah sia-siakan hidup kita yang singkat ini ya. Perbanyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan begitu, our lives will be more colorful and meaningful.

Alright, sekarang saatnya cerita makan-makan. Kali ini kami mau sharing mengenai salah satu makanan khas batam yaitu mie. Bukan indomie loh ya, ni ceritanya tentang Mie Tarempa.

RM. Mie Tarempa
RM Mie Tarempa ini rame banget. Terbukti dari banyaknya kendaraan yang parkir di depan restoran dan banyaknya pelanggan yang duduk.


Suasana RM. Mie Tarempa
Tanpa banyak basa-basi, kami langsung lihat papan menu yang tertampang di dinding dekat meja kasir.

Daftar Menu RM. Mie Tarempa
ada Mie Goreng Lembab Sapi, Mie Goreng Lembab Seafood, dan Tea Tarik Peng.

Disini ada stiker Halal loh guys. Meskipun kami ga menemukan sertifikat halal MUI, setidaknya teman-teman Muslim kita bisa lebih nyaman untuk makan disini. Sambil menunggu pesanan datang, waitress menyajikan satu porsi Luti Gendang di meja.

Luti Gendang

Luti Gendang atau Roti Gendang merupakan salah satu makanan khas Pulau Tarempa yang cukup terkenal. Secara umum, jajanan ini bisa dideskripsikan seperti roti goreng yang diisi abon. Untuk luti gendang RM. Mie Tarempa isinya abon ikan tongkol segar. Baik luti maupun abonnya dibuat secara home made disini. Rasanya enak sih. Takaran abon dan ukuran rotinya juga sesuai. Cocok banget untuk jadi penganan pembuka. Harganya Rp2.500/pc. Sambil menunggu mie tarempa disajikan, kalian bisa memakan luti gendangnya.

Ada satu catatan kami disini mengenai cara penyajiannya. Luti ini kan disajikan di setiap meja baik dipesan maupun tidak dipesan. Karena luti tidak dibungkus lagi, cara penyajian seperti ini terkesan kurang bersih. Soalnya, kalau ga habis dimakan pelanggan kan bisa aja lalatan di meja trus dibalikin lagi ke dapur dan seterusnya. Belum lagi banyaknya tangan yang berkontribusi di luti tersebut. Jadi, menurut kami alangkah baiknya kalau luti gendang hanya disajikan sesuai pesanan agar lebih higienis.

Mie Goreng Lembab Sapi & Mie Goreng Lembab Seafood

Mie Tarempa menawarkan tiga jenis hidangan yaitu kering, lembab, atau basah. Untuk isi, kalian bisa memilih sapi atau seafood. Warna kuahnya menggoda banget dan bikin ngiler. Sekilas, porsinya ga begitu banyak. But, let’s see.

Warna kuah dan rasa mie tarempanya matching deh. Bumbunya berani, berasa, dan pas di lidah. Daging sapi dan seafood-nya pun segar-segar. Overall, baik mie goreng lembab sapi maupun seafood, dua-duanya lezat!. Porsinya sedikit euy, mungkin cukup ya buat cewek normal, tapi ga cukup buat kalian yang makannya banyak.

Tea Tarik Peng

Nama minuman ini emang menarik untuk dikomentari. English bukan, bahasa Indonesia juga bukan, jadi apa dong, Batamlish aja deh.

Sebuah daerah kecil di Kepulauan Anambas kepulauan mungil di Provinsi Kepulauan Riau.

Tarempa dikelilingi lautan, sedikit terisolasi dari dunia luar, dan belum banyak diketahui orang. Meski demikian, Tarempa memiliki dua hidangan berbasis ikan yang mendulang perhatian dan pengakuan yang layak dari warga pulau tetangga, Batam.

RM Mie Tarempa terletak di Jalan Laksamana Bintan dan telah menjadi tempat andalan untuk mencicipi hidangan-hidangan khas setempat. Baru berdiri selama lima tahun, tempat ini cenderung ramai setiap harinya. Kenyataan ini mendorong pemiliknya untuk membuka cabang di Batam Centre.

Pada pandangan pertama, mi berwarna merah dalam mi tarempa memiliki tekstur lembab, yang mengingatkan saya akan mi aceh. Namun, mi gepeng dan topping ikannya membuat rasa hidangan ini berbeda. Tekstur mienya tebal dan kenyal, berpadu indah dengan kuahnya yang agak pedas merica. Dicampur dengan bawang goreng, topping ikan segarnya menambahkan sentuhan lembut dalam hidangan ini.

Luti gendangnya juga memiliki rasa pedas-gurih yang serupa, dengan abon ikan dan roti goreng yang berpadu apik. Saking enaknya, saya membeli sekotak penuh hidangan tersebut.

Komplek Graha Mas, Blok J, No. 10,
Jl. Laksamana Bintan, Batam, Kepulauan Riau
T: 0811 777 6800
Buka setiap hari dari jam 07.00-18.00 WIB
Rp.20.000/US$1,50 per orang.

Source pegimakan.id www.batam-dine.com
Comments
Loading...