Pengkang, Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Pondok Pengkang di jalan raya peniti, kecamatan Siantan, tampaknya sudah jadi ikon makan kota Pontianak. Jika searching Pengkang, referensinya hampir semua menuju ke resto yang terletak di tepi jalan raya ke arah kota Singkawang dari Pontianak. Katanya sih rumah makan ini  sudah ada sejak 1934, seperti tertulis pada sign board dan ditegaskan lagi dalam lukisan yang tergantung di dinding. Benar atau tidak, sepertinya pengusaha di Pontianak  senang sejarah.

Pengkang itu rasanya tidak jauh dari lemper. Gurih dan cepat mengenyangkan. Boleh jadi sebab bahan dan  proses membuatnya kurang lebih  sama. Pertama beras ketan dimasak dengan santan setelah itu dibungkus daun pisang, diisi ebi lalu dijepit sebilah bambu dan di bakar diatas bara tempurung kelapa. Asap dari tempurung, daun pisang yang terbakar dan rasa udang kering  itu lah yang sedikit membedakannya dari lemper ayam. Umumnya Pengkang dimakan dengan sate dan sambal kepah, semacam kerang yang banyak hidup  di hutan mangrove di Kalimantan Barat.

Makan Pengkang paling pas dicocolkan ke Sambal Kepah, sambal dengan bahan utama sejenis kerang yang banyak hidup dihutan mangrove dekat pantai. Perpaduan antara pedas dan manisnya sangat seimbang. Paduan gurihnya ketan pengkang dengan legitnya pedas sambal kepah menjadikan makanan ini wajib hukumnya untuk dicoba bila berkunjung di Pontianak.

Alamat Pondok pengkang

Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat 78351

Kuliner IndonesiaKuliner Kalimantan BaratKuliner Nusantara
Comments (0)
Add Comment